Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DIAN PUSPA DEWI, NIM.08420034
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 05:47:23
Abstract :
Dian Puspa Dewi, 08420034, Pengaruh Kemampuan Muhadasaah
Terhadap Prestasi Belajar Tamr?n Lugah Kelas VIII di Pondok Pesantren Ibnul
Qoyyim Putri Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
Muhadasaah dan prestasi belajar Tamr?n Lugah kelas VIII di Pondok Pesantren
Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta serta pengaruh kemampuan Muhadasaah terhadap
prestasi belajar Tamr?n Lugah kelas VIII A di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim
Putri Yogyakarta.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren Ibnul
Qoyyim Putri Yogyakarta. Namun, penulis hanya menggunakan sampel dalam
penelitian ini, yaitu kelas VIII A. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan
dengan cara mencari nilai rata-rata hitung Muhadasaah dan prestasi belajar Tamr?n
Lugah menggunakan rumus Mx= . Sedangkan untuk menguji hipotesis,
penulis menggunakan rumus uji parametik dengan menggunakan rumus product
moment dengan bantuan program SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan Muhadasaah di
Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta berjalan efektif karena
dilaksanakan secara konsisten dan kontinue, sehingga nilai Muhadasaah mereka
berkategorikan baik. Hal ini terbukti dari tes lisan yang diadakan penulis, yaitu
dengan rata-rata nilai 7,5. 2) Prestasi belajar Tamr?n Lugah peserta didik kelas
VIII A di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri termasuk dalam kategori baik.
Hal ini terbukti dengan mendapatkan rata-rata nilai UTS Tamr?n Lugah yaitu
7,75. 3) Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis, disimpulkan bahwa ? terdapat
pengaruh yang signifikan antara kemampuan Muhadasaah terhadap prestasi belajar
Tamr?n Lugah peserta didik kelas VIII A di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri
Yogyakarta ?. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh angka rhitung 0,539 yang
berarti lebih besar dari rtabel 0,444 pada taraf signifikansi 5%.