Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NUR HIDHAYAT, NIM. 08410139
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 08:56:12
Abstract :
NUR HIDHAYAT. Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMP N 2 Imogiri
Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah pengaruh
modernisasi yang melanda bangsa Indonesia menjadikan anak bangsa mengalami
degradasi moral. Berbagai kegiatan pembinaan akhlak yang dilakukan SMP N 2
Imogiri seperti melakukan pengajian secara kolektif; AMT; program senyum,
sapa, dan salam setiap pagi; penertiban tata tertib sekolah;salat dhuhur berjamaah;
dan kebersihan lingkungan, akan tetapi masih ditemukan peserta didik yang
melakukan pelanggaran peraturan yang telah ditetapkan. Adapun pelanggaran
yang dilakukan seperti kurangnya rasa menghormati dan menghargai orang lain,
membuang sampah sembarangan, seragam tidak dimasukan, rambut dicat,
kedisiplinan, bolos, geng, pacaran, dan video porno yang ditemukan di Hp. Yang
menjadi permasalahan penelitian ini adalah mengapa siswa SMP N 2 Imogiri
masih melakukan perilaku menyimpang dan bagaimana metode yang digunakan
sekolah dalam pembinaan akhlak untuk menanggulangi kenakalan siswa SMP N 2
Imogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara
kritis tentang faktor yang mempengaruhi penyimpangan perilaku dan metode yang
digunakan sekolah untuk menanggulangi kenakalan siswa SMP N 2 Imogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMP Negeri 2 Imogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan pola pikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat
dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peserta didik masih melakukan
penyimpangan perilaku karena kurangnya pertahanan diri peserta didik dalam
mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah terpengaruh oleh teman,
rendahnya perhatian orang tua peserta didik dalam proses pembinaan kepribadian,
latar belakang keluarga yang kurang harmonis (broken home) dan ekonomi lemah,
kurangnya kerjasama antar guru dalam pembinaan akhlak, ketidaklancaran dana
pendidikan, dan kurangnya kesadaran masyarakat sekitar dalam membantu
kelancaran proses pendidikan. Faktor utama penyimpangan perilaku ini adalah
kurangnya kasih sayang orang tua sehingga di sekolah peserta didik mencoba
mencari perhatian dengan melakukan pelanggaran tersebut. Dan di sekolah
kurang diberikan arahan dengan metode yang tepat dan peran pendidik sebagai
orang tua kedua belum berjalan secara maksimal. Dan pelanggaran yang
dilakukan oleh peserta didik SMP N 2 Imogiri termasuk jenis kenakalan yang
melawan status (status sebagai seorang pelajar).Metode yang digunakan dalam
pembinaan akhlak untuk menanggulangi kenakalan peserta didik SMP N 2
Imogiri ialah metode keteladanan, situasional, dialogis, kasih sayang, nasehat,
kebiasaan, serta reward dan punishment. Akan tetapi metode yang digunakan
belum sepenuhnya berhasil sesuai yang diharapkan. Hal ini dikarenakan
kurangnya kerjasama dalam menggunakan metode pembinaan dan masih banyak
peserta didik yang belum memahami manfaat dari metode yang digunakan.