Abstract :
DIAN RATNA UTAMI, Korelasi Persepsi Peserta Didik Terhadap Mata
Pelajaran Bahasa Arab Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas
X MA Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar Belakang penelitian ini adalah adanya persepsi peserta didik
terhadap bahasa Arab yang positif diikuti prestasi belajar yang positif pula, tetapi
ada peserta didik yang memiliki persepsi terhadap bahasa Arab yang negatif akan
tetapi prestasi belajarnya positif. Maka dilakukan penelitian tentang korelasi
persepsi peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Arab dengan prestasi
belajar bahasa Arab peserta didik kelas X MA Al-Hikmah Karangmojo
Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimana persepsi peserta didik kelas X terhadap prestasi belajar
bahasa Arab dan adakah korelasi yang positif dan signifikan persepsi peserta didik
terhadap prestasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas X.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah peserta didik kelas X MA Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul sebanyak
70 peserta didik dan penelitian ini merupakan penelitian populasi karena populasi
yang diteliti kurang dari 100 yaitu 70 peserta didik. Data diperoleh melalui
penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis instrument
meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis data yakni uji
normalitas dan uji linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
analisis korelasi sederhana Product Moment.
Nilai yang kurang dari 0,235 dinyatakan tidak valid dan nilai yang lebih
dari atau sama dengan 0,235 dinyatakan valid. Butir angket yang tidak valid
adalah nomor 13, 14, 17, 18, 23, 28, 31, 34 dan 35 dan butir angket yang valid
adalah nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 15, 16, 19, 20, 21, 22, 24, 25, 26,
27, 29, 30, 32 dan 33. Nilai reliabilitas diketahui melalui nilai Cronbach Alpha
adalah 0,929. Reliabilitas kurang dari 0,6 adalah kurang baik, sedangkan 0,7 dapat
diterima, dan di atas 0,8 adalah baik. Karena nilai lebih dari 0,8 maka tingkat
reliabel butir angket adalah baik/ reliable.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Persepsi peserta didik terhadap
bahasa arab ada pada taraf cukup baik dengan nilai Mean 87,37 dan standar
deviasi 14,507. (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan yang ditunjukkan
dengan nilai R 0,892 dan 0,850 dengan taraf signifikansi 0,000 dan 0,000. Taraf
signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa korelasi yang diberikan adalah
pengaruh positif yang signifikan. Besarnya korelasi antara persepsi peserta didik
terhadap prestasi belajar bahasa arab peserta didik ditunjukkan dengan nilai R
Squere adalah 0,892 dan 0,850 atau sama dengan 79,6% dan 72,2 %.