Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NUR IDA LISA ARYANI, NIM. 08480026
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-19 09:08:10
Abstract :
NUR IDA LISA ARYANI. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)
Kelas IV A MIN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi
rendahnya hasil belajar siswa. Di MIN Yogyakarta II, model pembelajaran yang
digunakan guru IPS masih konvensional. Pembelajaran selama ini berpusat pada
guru dan komunikasi berjalan satu arah. Metode ceramah tidak memberi ruang
bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuannya. Siswa pasif dan pembelajaran
menjadi membosankan. Sehingga hasil belajar IPS siswa kelas IV A MIN
Yogyakarta II tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian pada
pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan
siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams
Achievement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
IPS siswa kelas IV A MIN Yogyakarta II.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A
MIN Yogyakarta II yang berjumlah 24 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan
dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa,
wawancara terhadap siswa dan guru, tes tertulis, catatan lapangan, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa
mengalami peningkatan. Dari tes awal sebesar 61,87, menjadi 76,95 pada siklus I,
dan 89,71 pada siklus II. Presentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra
penelitian presentase ketuntasan sebesar 29,16%, siklus I sebesar 65,21% dan
siklus II sebesar 91,66%.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV A
MIN Yogyakarta II.
Kata kunci: STAD, Hasil Belajar, IPS