Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NUR LAILIYAH, NIM. 08480014
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-20 01:27:14
Abstract :
NUR LAILIYAH, Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Penerapan Metode Make A Match Kelas
IV MIN Tempel. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2012.
Latar Belakang penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar siswa
dalam proses pembelajaran IPS masih rendah, dan perlu ditingkatkan. Penelitian
ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dengan
penerapan metode make a match pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN
Tempel. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1)
Bagaimana penerapan metode Make a Match pada pembelajaran IPS Kelas IV
MIN Tempel. (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas IV MIN Tempel setelah menggunakan metode Make a Match.
(3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas
IV MIN Tempel setelah menggunakan metode Make a Match. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut diadakan Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan
subyek penelitian siswa kelas IV B MIN Tempel Sleman Yogyakarta semester II
tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 31 siswa, 21 siswa putra dan 9 siswa
putri. Sedangkan obyek dari peneliyian ini adalah keseluruhan proses dan hasil
pembelajaran IPS kelas IV B MIN Tempel. Tempat dan lokasi penelitian di kelas
IV B MIN Tempel Sleman Yogyakarta pada tanggal 06 Februari 2012 sampai
dengan tanggal 30 April 2012. Adapun metode pengumpulan data dilakukan
dengan lembar observasi, wawancara, lebar angket, catatan lapangan, tes dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya
terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukakan: 1)Pembelajaran dengan menggunakan
metode make a match dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV B MIN Tempel
berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah penelitian. Proses pembelajaran IPS
dengan menggunakan metode make a match dapat meningkatkan motivasi dan
prestasi belajar siswa kelas IV B MIN tempel. 2) Motivasi siswa terjadi
peningkatan pada 5 indikator yaitu: rasa senang siswa dari 83% meningkat
menjadi 88,70%, perhatian siswa dari 86% meningkat menjadi 89,24%, rasa
tertarik siswa dari 84% meningkat menjadi 86%, rasa ingin tahu siswa dari 79%
meningkat menjadi 86,70%, dan antusiasme siswa dari 80% meningkat menjadi
89,80%. Sedangkan hasil rata-rata persentase keberhasilan motivasi belajar siswa
pada siklus I sebesar 82,40% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar
88,09% dengan kategori baik. 3) Prestasi belajar siswa kelas IV B MIN Tempel
dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata
kelas pada siklus I sebesar 72,74, siklus II sebesar 84,67 dengan kategori baik.
Kata kunci : Pembelajaran IPS MI, Make a Match, Motivasi, Prestasi