Abstract :
NURLAILA. Penerapan metode Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran Al Qur’an
Hadits untuk meningkatkan minat dan partisipasi belajar siswa Kelas VII A MTs Wahid
Hasyim Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah krisisnya minat dan partisipasi siswa
terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Dengan adanya minat dan partisipasi, konsentrasi
belajar akan mudah dilakukan dan materi mudah dipahami. Minat dan partisipasi belajar
siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII A MTs Wahid Hasyim Yogyakarta
masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya pembelajaran yang
dilakukan. Guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional yang kurang
melibatkan peran siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang merespon materi yang
disampaikan oleh guru dan terkesan meremehkan, akibatnya siswa bosan dan kurang
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian
untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang
dapat meningkatkan minat dan partisipasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Active Knowledge
Sharing dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan meningkatkan minat dan partisipsi siswa
kelas VII A setelah metode tersebut diterapkan.
Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Wahid Hasyim
Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan
makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran
sebagai upaya meningkatkan minat dan partisipasi siswa melalui tindakan yang dilakukan,
dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan statistik
sederhana untuk membantu mengungkap data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
mengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi,
catatan lapangan antar pengamat, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan
penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Minat dan partisipasi belajar siswa dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII A di MTs Wahid Hasyim sebelum
pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) Penerapan metode Active Knoledge Sharing
dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII A MTs Wahid hasyim dilaksanakan
dalam tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari dua jam pelajaran satu kali pertemuan. Dalam
pelaksanaan dengan menggunakan metode Active Knowledge Sharing ini berjalan dengan
lancar. 3) Adanya peningkatan minat dan partisipasi belajar siswa terlihat pada antusias siswa
yang bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan berkompetisi, merespon dan
memperhatikan penjelasan guru, bertanya bila mengalami kesulitan, menjaga ketenangan saat
pelajaran berlangsung, menjawab pertanyaan dari guru, mau berdiskusi dengan baik, mau
mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan mendengarkan hasil pengamatan dari
kelompok lain. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek minat siswa
pada observasi awal sebelum tindakan memiliki nilai rata-rata 1,6 (rendah), kemudian pada
siklus I 1,7 (sedang), siklus II sebesar 2,1 (sedang), siklus III sebesar 2,8 (tinggi). Sedangkan
pada aspek partisipasi hasil observasi pra tindakan memiliki nilai rata-rata 1,5 (rendah),
kemudian pada siklus I sebesar 1,7 (sedang), siklus II sebesar 2,5 (sedang), dan siklus III
sebesar 2,7 (tinggi).