Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NURUL FAIZAH, NIM. 08470029
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 04:43:12
Abstract :
NURUL FAIZAH, Peningkatan Kemandirian Dan Kemampuan Sosial
Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Kelas VII MTsN Sleman Kab. Sleman Di
Maguwoharjo Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta :
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan kepramukaan di
Indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional dan merupakan bagian
dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pada perkembangannya pendidikan
kepramukaan mulai kurang diminati, dan dianggap kegiatan yang monoton yang
dipelajari hanya itu-itu saja yang materinya adalah morse, PBB, dan tali temali.
Padahal di balik kesederhanaan pendidikan Pramuka tersebut apabila dipahami
secara sungguh-sungguh dapat mengantarkan siswa pada pengembangan potensi
(life skill) siswa kaitannya dengan kemandirian dan kemampuan sosial siswa.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan
kegiatan kepramukaan dan bagaimana peningkatan kemandirian dan kemampuan
sosial siswa melalui kegiatan kepramukaan di MTsN Sleman Kab. Sleman di
Maguwoharjo. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis serta
mengetahui peningkatan kemandirian dan kemampuan sosial siswa kelas VII
MTsN Sleman Kab. Sleman di Maguwoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang
berjenis kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi,
dokumentasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan metode deskriptif, dengan pola berfikir deduktif dan induktif untuk
data yang bersifat kualitatif dan memberikan makna terhadap data yang
dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kemandirian dan
kemampuan sosial siswa kelas VII MTsN Sleman Kab. Sleman di Maguwoharjo
melalui kegiatan kepramukaan sudah bagus, karena dalam pelaksanaan kegiatan
kepramukaan telah diajarkan tentang keterampilan dan pengembangan
diri/pengembangan potensi yang dimiliki siswa ketika mengikuti kegiatan
kepramukaan serta pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang semakin meningkat.
Dengan demikian bahwa semakin meningkatnya perkembangan kegiatan
kepramukaan maka semakin bertambahnya pengalaman-pengalaman yang
diperoleh siswa terutama dalam peningkatan kemandirian dan kemampuan sosial.