Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NURUL HAJAR LATIFAH, NIM.08420125
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 04:46:22
Abstract :
Diakui atau tidak, evaluasi hasil belajar merupakan unsur yang sangat
penting yang harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat
pencapaian dari suatu proses pembelajaran, sehingga dengan dilaksanakannya
evaluasi hasil belajar tersebut dapat dilakukan perbaikan-perbaikan. Secara
signifikan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik evaluasi hasil
belajar dalam dunia pendidikan. Yakni mendeskripsikan teknik-teknik yang
diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Arab dan bagaimana penerapanya di MTs
Al Ma?had An Nur.
Mengingat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, maka pengumpulan
data yang diperlukan melalui beberapa metode, yaitu pengamatan pada
pelaksanaan evalusi hasl belajar bahasa Arab di MTs Al Ma?had An nur,
interview dengan guru bahasa Arab dan beberapa siswa kelas VII dan
pengumpulan dokumentasi-dokumentasi terkait.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: guru bahasa Arab kelas VII di
MTs Al Ma?had An Nur melakukan evaluasi hasil belajar bahasa Arab pada tiga
ranah yaitu kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Sedangkan teknik yang
diterapkan di MTs Al Ma?had An Nur yaitu Teknik Tes dan Teknik Non Tes.
Teknik tes meliputi teknik tes formatif yang dilaksanakankan setiap kali tatap
muka, teknik tes sumatif yang dilaksanakan pada mid semester dan pada saat
semester, teknik tes lisan seperti memerintahkan siswa menghafal mufrodat,
teknik tes tulis seperti memerintahkan siswa mengerjakan tugas di LKS, teknik tes
individu dan speed tes. Sedangkan teknik non tes meliputi pengamatan, interview,
penampilan (performance), hasil karya (product) seperti memerintahkan siswa
untuk mengarang sederhana tentang materi terkait, penugasan (project) seperti
menugaskan siswa mencari kosakata bahasa Arab kemudian mempraktekannya
dan skala nilai.
Kata kunci: Teknik Evaluasi, Evaluasi Hasil Belajar