Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NUTHVIANI KUSUMAWARDHANI, NIM. 08480024
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-20 08:53:27
Abstract :
NUTHVIANI KUSUMAWARDHANI. ?Upaya Meningkatkan Prestasi
Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Yogyakarta II Melalui Strategi Role Playing (Bermain Peran)?. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah prestasi belajar siswa kelas V
MIN Yogyakarta II dalam mata pelajaran SKI masih kurang memuaskan. Banyak
siswa yang masih memperoleh nilai di bawah KKM. Salah satu penyababnya
yaitu model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional. Strategi
pembelajaran role playing (bermain peran) menjadi salah satu strategi yang dapat
digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memainkan
peran untuk memahami dan mengetahui materi pelajaran SKI. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan strategi role playing (bermain
peran) dalam meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas V MIN Yogyakarta
II, dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta
II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran). Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan tersebut
dalam memperbaiki proses pembelajaran sehingga prestasi belajar SKI dapat
ditingkatkan melalui strategi role playing (bermain peran) pada siswa kelas V
MIN Yogyakarta II.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subjek
penelitiannya siswa kelas V MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 yang
berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisa data meliputi reduksi
data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran SKI di kelas V MIN
Yogyakarta II melalui strategi role playing (bermain peran) dilaksanakan dalam
dua siklus. Dalam pelaksanaan, perwakilan siswa bertindak sebagai pemeran dan
siswa yang lain menjadi pengamat jalannya role playing (bermain peran). Siswa
dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan selama
proses pembelajaran menunjukkan para siswa dapat mengeksplorasi perasaan,
sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah sesuai teori role playing
sudah sepenuhnya tampak; 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar SKI siswa kelas
V MIN Yogyakarta II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran).
Data awal yang diperoleh sebelum dilaksanakan tindakan yaitu rata-rata kelas
mencapai 54,67 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal 25% dengan
kategori sangat kurang. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 71,30
dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 50% dengan
kategori sangat kurang. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,49
dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 82,14% dengan
kategori baik. Dengan demikian, prestasi belajar SKI siswa kelas V MIN
Yogyakarta II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran)
meningkat sebesar 21,23.
Keyword: Prestasi Belajar SKI, Strategi Role Playing (Bermain Peran)