Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RAHMA DWI NURFITRI, NIM. 07410137
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 08:56:40
Abstract :
Rahma Dwi Nurfitri, Pembaharuan Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Fazlur
Rahman). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2012.
Jika berbicara tentang pembaharuan dalam pendidikan Islam, maka mesti diketahui
terlebih dahulu hal-hal apakah yang sudah mengalami kemunduran dalam pendidikan Islam
sehingga memerlukan pembaharuan; bagaimanakah kita dapat menjelaskan bahwa
pembaharuan adalah sesuatu yang mesti dilakukan karena itu niscaya; serta adanya klausul
yang menyatakan bahwa pembaharuan pemikiran dan kelembagaan Islam adalah syarat bagi
kaum muslimin agar selaras dengan perkembangan zaman. Selanjutnya, agar manusia dapat
memahami segala perubahan maka ia harus dapat memahami peristiwa-peristiwa masa lalu
sebagai cermin dan bahan pertimbangan dalam merumuskan harapan di masa depan. Poin
yang terakhir, pendidikan adalah salah satu modal utama yang dimiliki manusia agar dapat
mempersiapkan dirinya untuk merancang dan merealisir perubahan tersebut. Di antara
beberapa tokoh pembaharu di Indonesia, Nurcholis Majdid adalah salah satu pembaharu yang
berani menyuarakan ide, konsep, dan pemikiran yang (dinilai) kontoversial di masanya.
Terjadinya perpecahan di kalangan umat Islam, dan kejumudan dalam perkembangan
pemikiran Islam adalah latar kegelisahan intelektual fazlur Rahman adalah salah satu
pembaharu yang berani menyuarakan ide, konsep, dan pemikiran yang (dinilai) kontoversial
di masanya. Terjadinya perpecahan di kalangan umat Islam, dan kejumudan dalam
perkembangan pemikiran Islam adalah latar kegelisahan intelektual Nurcholis Madjid. Dalam
banyak kesempatan, Fazlur Rahman berusaha untuk memberikan alternatif dalam memediasi
(modus vivendi) antara golongan tradisionalis yang cenderung konservatif dengan golongan
modernis yang cenderung liberal. Ide pembaharuan Fazlur Rahman ini pada akhirnya juga
mengarah kepada perbaikan pendidikan Islam saat ini yang mengalami masalah yang sifatnya
multidimensional. Latar belakang itulah yang melahirkan pertanyaan penelitian dalam skripsi
ini: mengapa Fazlur Rahman memunculkan pemikiran pembaharuan pendidikan Islam? Dan
bagaimana konsep pembaharuan pendidikan Islam yang ditawarkan oleh Fazlur Rahman?
Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah penelitian
termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), Sedangkan Penelitian ini
bersifat diskriptif, yakni penyusun berusaha menggambarkan obyek penelitian, yaitu
pemikiran Fazlur Rahman tentang pembaharuan pendidikan Islam. Dalam menyusun
penelitian ini, pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan historis dan filosofis.
Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah (1) kemunculan gagasan Rahman
dilatarbelakangi oleh pengamatanya terhadap perkembangan pendidikan Islam di era modern
di beberapa negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Turki, Indonesia,
Mesir dan Pakistan. (2) Konsep pembaharuan pendidikan Islam yang ditawarkan Rahman, (a)
mengisi dan menempati semua bidang ilmu pengetahuan (b) menghendaki adanya kurikulum
yang terbuka bagi kajian-kajian filsafat dan sains sosial. Rahman sangat menekankan peranan
filsafat sebagai kegiatan kritis analitis dalam melahirkan gagasan-gagasan yang bebas (c)
penting keterlibatan sain sosial. (3) Jika pendidikan tinggi Islam di Indonesia bersedia
mengikuti pemikiran pendidikan Rahman, secara berangsur-angsur motivasi umat Islam
Indonesia terhadap pembangunan ilmu akan semakin kuat, dikotomi ilmu dikalangan umat
Islam Indonesia akan semakin terkikis, yang diikuti oleh semakin pudarnya dualisme dan
dalam sistem pendidikan umat Islam di Indonesia. Jika hal ini dapat berjalan dengan baik,
tidak mustahil, suatu ketika nanti, pendidikan tinggi Islam di Indonesia dapat melahirkan
ilmuwan-ilmuwan muslim yang kritis dan kreatif.