Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RAHMAD ARIF SAFI’I, NIM. 08480029
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-23 03:04:06
Abstract :
Rahmad Arif Safi?i. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V MIN Mlangen
Salaman. Skripsi. Yogyakarta : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya prestasi
belajar matematika pada siswa kelas V MIN Mlangen serta pembelajaran matematika
yang masih berorientasi pada teacher dominated learning dan drill and practice.
Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar serta proses pembelajaran
matematika melalui pendekatan matematika realistik pada kelas V MIN Mlangen
Salaman.
Jenis pnelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
pada pembelajaran matematika di kelas V MIN Mlangen Salaman. Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat dua kali
pertemuan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
tes, metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian tindakan kelas ini terlaksana sesuai dengan karakteristik
pendekatan matematika realistik yaitu: (1) menggunakan masalah kontekstual; (2)
menggunakan model; (3) menggunakan kontribusi siswa; (4) interaktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa setelah
pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik
mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan dari
hasil perbandingan rata-rata sebelum tindakan dengan rata-rata pasca tindakan siklus
1 dan siklus 2. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 65,30.
Pada siklus 1 meningkat menjadi 73,87 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,44.
Selain itu, ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 77,28% pada siklus 1
meningkat menjadi 86,96% di siklus 2. Berdasarkan perbandingan tersebut, diketahui
bahwa peningkatan prestasi belajar yang dicapai sebesar 11,86 poin.
Kata Kunci : Prestasi, Pendekatan Matematika Realistik.