Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RAHMAN AGUS PRIANA, NIM. 08470128
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 06:57:14
Abstract :
Rahman Agus Priyana. Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca
Tulis Al-Qur?an Braille Bagi Tunanetra Muslim Di TPA LB Yaketunis. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Skripsi ini memaparkan tentang pelaksanaan kegiatan baca tulis Al-Qur?an
bagi tunanetra di TPA LB Yaketunis, berbagai jenis strategi yang digunakan dan
metode yang digunakan, tingkat efektivitas penggunaan berbagai strategi dan
metode tersebut, dan factor-faktor pendukung, penghambat, serta solusi untuk
mengatasinya.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan
mengambil latar di TPA LB Yaketunis Yogyakarta. Metode pengumpulan data
dengan menggunakan obsefvasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Sumber utama penelitian ini adalah para ustadz dan ustadzah sebagai penentu
pembelajaran baca tulis Al-Qur?an di di TPA LB Yaketunis. . Proses penyajian
data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-naturalistik, yakni
memaparkan berbagai kondisi obyektif yang ditemukan dilapangan tentang
berbagai hal yang berkaitan dengan strategi untuk meningkatkan kemampuan baca
tulis Al-Qur?an Braille bagi tunanetra muslim di TPA LB Yaketunis.
Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa: pertama, kegiatan baca
tulis Al-Qur?an di TPA LB Yaketunis dilaksanakan setiap malam Senin, malam
Selasa, dan malam Rabu setelah shalat Magrib. Kedua, jenis strategi dan metode
yang digunakan adalah strategi direct instruction (metode hafalan dan Tanya
jawab), strategi interaktif (metode diskusi dan Tanya jawab), dan strategi mandiri
(metode pemberian tugas). Ketiga, Dengan menggunakan strategi dan metode
tersebut pembelajaran baca tulis Al-Qur?an dapat berjalan dengan efektif, yaitu
rata-rata santri dapat membaca Al-Qur?an dalam waktu dua bulan. Keempat,
terdapat faktor pendukung yang memperlancar jalannya kegiatan baca tulis AlQur?an
di lembaga ini, dan faktor penghambat, serta upaya-upaya yang dilakukan
unuk mengatasinya