Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DWI MULYANI, NIM. 08410125
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 06:04:36
Abstract :
Dwi Mulyani. Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan di UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta Ditinjau Dari Perspektif Ideologi Pendidikan, Skripsi,
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2012.
Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kekurang selarasan antara
materi yang disampaikan atau dilaksanakan dengan kebutuhan konsentrasi keilmuan
antar fakultas karena adanya jadwal yang disamakan dari pihak universitas. Oleh
karena itu yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah OPAK di UIN
Sunan Kalijaga bagaimana pelaksanaan OPAK di UIN Sunan Kalijaga, nilai
pendidikan apa saja yang diperoleh dari OPAK, serta apakah OPAK mampu
mewujudkan kebutuhan konsentrasi keilmuan antar fakultas. Penelitian ini bertujuan
untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara detail mengenai nilai-nilai pendidikan
dan konsentrasi ilmu antar fakultas, metode-metode OPAK yang dipakai sekarang ini dengan
perspektif ideologi pendidikan dan untuk mewujudkan OPAK yang relevan sesuai kebutuhan
konsentrasi ilmu antar fakultas.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan dokumentasi dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan
memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah
ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan:1. Pelaksanaan OPAK secara structural
menganut ideology fundamentalisme pendidikan,2. Dilihat dari semangat yang
diusung dari panitia adalah pendidikan kritis sebagai tujuan yang dicita-citakan, 3.
Narasumber lebih condong pada intelektualisme pendidikan karena ada tahapan yang
dicapai,namun tidak menafikkan bahwa indoktrinasi ideology sangat melekat dan
adanya penanaman ideology personal maupun golongan, 4. Peserta berasal dari
latarbelakang yang berbeda sehingga membawa ideologi yang berbeda pula, 5.
Materi mengarahkan mahasiswa pada intelektualisme dan pendidikan kritis dengan
melihat materi yang diusung dari pihak panitia, 6. Nilai-nilai pendidikan OPAK
perspektif ideology pendidikan lebih mengacu pada pendidikan kritis dengan melihat
semangat panitia beserta materi-materi yang ada dan memilih narasumber yang
mampu menyampaikannya dengan baik, 7. Upaya mewujudkan OPAK perspektif
ideology pendidikan terhadap masing-masing fakultas adalah adanya pelaksanaan
yang dipertimbangkan unsure kefakultasan agar tidak terjadi keselarasan masingmasing
fakultas, Perekrutan kepanitiaan universitas maupun fakultas yang lebih
terbuka dan tanpa memandang dari mana dan siapa (tidak hanya satu golongan).
Narasumber diharapkan bukan atas nama golongan tertentu diajukan menjadi
pemateri namun yang mampu untuk memberi pencerahan yang mendukung serta
produktif untuk fakultasnya masing-masing sesuai konsentrasi keilmuan antar
fakultas