Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RAHMI YUSRINA HANI, NIM. 08480061
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-23 03:18:47
Abstract :
RAHMI YUSRINA HANI. Penggunaan Media Merangkai Cerita melalui
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran SKI untuk Meningkatkan Minat
dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Tempel Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan media merangkai cerita
melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SKI, (2) mengetahui
besarnya peningkatan minat siswa setelah penggunaan media merangkai cerita melalui
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SKI, (3) mengetahui besarnya
peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media merangkai cerita melalui
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SKI.
Penelitian ini bersifat kualitatif, mengambil lokasi di MIN Tempel Yogyakarta
tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitiannya adalah kelas V C MIN Tempel yang
berjumlah 33 siswa terdiri dari 17 siswa putra dan 16 siswi putri. Pengumpulan data
dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket minat
siswa. Tahap analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, display
data, triangulasi, dan kesimpulan. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi plan
(perencanaan), art (tindakan), observer (pengamatan), dan reflect (refleksi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas
ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dua pertemuan yang diawali
dengan kegiatan pra tindakan (2) setelah diterapkan penggunaan Media Merangkai Cerita
melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) pada Pelajaran (SKI) kelas V C minat
siswa mengalami peningkatan. Yaitu lembar angket minat siswa, pada pra tindakan
66,06%, pada siklus I sebesar 74,89%, pada siklus II sebesar 80,60% hal ini berarti terjadi
peningkatan minat siswa sebesar 5,70% (3) dan rata-rata skor nilai siswa setelah
diterapkan penggunaan Media Merangkai Cerita melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe
(STAD) pada pelajaran (SKI) kelas V C terlihat peningkatan hasil belajar siswa, pra
tindakan mencapai 66,21%, pada siklus I sebesar 89,09%, siklus II sebesar 94,04% hal
ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 5,31%. Dan nilai rata-rata
kelompok siswa siklus I 92,05% dan siklus II sebesar 97,05% hal ini berarti terjadi
peningkatan pada hasil kelompok siswa sebesar 5,00% yang berarti sudah memenuhi
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) madrasah yaitu sebesar 70.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Merangkai Cerita,
Minat, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran SKI