Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RATIH PAMUKTISARI, NIM. 08480089
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-23 03:21:05
Abstract :
Ratih Pamuktisari. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar
pada Mata Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual Kelas IV MI
Ma?had Islamy Kotagede Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.
Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan
oleh guru mata pelajaran matematika kelas IV MI Ma?had Islamy kurang dapat
meningkatkan motivasi siswa. Rendahnya motivasi mengakibatkan rendahnya
prestasi belajar siswa. Hasil Ulangan Tengah Semester Genap menunjukkan bahwa
persentase ketuntasan siswa hanya sebesar 15, 78%. Perbaikan mutu dalam proses
pembelajaran diperlukan untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dengan
memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswa kelas IV yaitu dalam tahap
operasional konkret, dimana pada tahap ini dibutuhkan benda konkret untuk
mempermudah proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat
memberikan pengalaman konkret adalah pendekatan kontekstual yang melibatkan
benda atau lingkungan sekitar dalam pengajaran sehingga materi tersebut dapat
bermakna dalam kehidupan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dan bagaimana peningkatan motivasi
juga prestasi belajar siswa setelah digunakannya pendekatan kontekstual.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat
kualitatif dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan menggunakan
pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika pada kelas IV MI Ma?had
Islamy mata pelajaran matematika dengan mengambil data observasi, angket,
wawancara, dokumentasi, dan test. Analisis data dengan melihat proses setiap
pertemuan yang mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4)
refleksi digunakan untuk menilai tingkat motivasi dan prestasi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Ma?had Islamy dengan
pendekatan kontekstual. Peningkatan persentase motivasi belajar siswa meningkat
pada siklus I menjadi 79%, dan terus meningkat pada siklus II sebesar 84%,
sedangkan nilai persentase belajar siswa mengalami peningkat pada siklus I sebesar
33, 33% menjadi 75% pada siklus II.
Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, dan Pendekatan Kontekstual