Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RIFKI NOVIA KURNIA, NIM. 08480003
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-23 03:25:09
Abstract :
Rifki Novia Kurnia. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas
VA Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penggunaan Strategi Cooperative Learning
Tipe Teams Games Tournament (TGT) di MIN Tempel Sleman Yogyakarta.
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA
MIN Tempel Sleman Yogyakarta pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan
strategi Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT). Latar
belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa karena kurangnya
penggunaan strategi pengajaran di kelas, strategi yang digunakan oleh guru masih
bersifat konvensional dan kurangnya kerjasama antara satu siswa dengan siswa
lainnya sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak kooperatif dalam proses
pembelajarannya. Peneliti melihat permasalahan tersebut menjadi salah satu
penghambat pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa ketika berinteraksi
dalam proses pembelajaran Untuk mengatasi permasalah tersebut diadakan
penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran
yang dirasa masih kurang. Proses pembelajaran ini menggunakan strategi
Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) yang diharapkan
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA MIN Tempel Sleman
Yogyakarta pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian adalah siswa kelas VA MIN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran
2011/ 2012 yang berjumlah 37 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data
nilai siswa (LKS, pre test dan post test, game dan turnamen). Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan
catatan lapangan. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan analisis
deskriptif kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua
komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya.
Hasil analisis prestasi belajar siswa kelas VA MIN Tempel Sleman
Yogyakarta pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan yang signifikan.
Pada saat pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau sebesar
36,11%. Nilai rata-rata siswa pada test pra tindakan baru menunjukkan 67,70
dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 50. Pada siklus I jumlah siswa yang
tuntas telah menunjukkan peningkatan, siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak
22 siswa atau sebesar 59,46%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 73,11
dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 60. Pada siklus II juga menunjukkan
peningkatan yang signifikan, yaitu ada 34 siswa yang tuntas atau sebesar 91,89%
dengan kategori baik sekali. Nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami
peningkatan yang sangat baik yaitu menjadi 81,42 dengan nilai tertinggi 100 dan
terendah 62,5. Dengan demikian, penerapan strategi Cooperative Learning tipe
Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas
VA pada mata pelajaran IPA di MIN Tempel Sleman Yogyakarta.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Teams Games Tournament (TGT),
Pembelajaran IPA Kelas VA