Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RIFQIATUL MAWADDAH , NIM. 08420105
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-12 03:09:03
Abstract :
Rifqiatul Mawadah: ?Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode
Sam?iyyah Syafawiyah Siswa Kelas VII dan VIII MTs Negeri Karangmojo
Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 (Sebuah Potret Pembelajaran
Berbasis Psikologi Siswa)?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa
Arab siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta
menggunakan metode Sam?iyyah syafawiyah yang meliputi : asumsi guru dalam
memilih metode tersebut, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran
bahasa Arab dengan menggunakan metode tersebut, dan yang terakhir untuk
mengetahui usaha guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam proses
pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri Karangmojo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
mengambil lokasi di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul. Pengumpulan data :
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tekhnik
trianggulasi, yaitu dengan cara memeriksa keabsahan data yang memanfaatkan
sesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pengecekan atau sebagai
pembanding terhadap suatu data.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama: guru menggunakan metode
Sam?iyyah syafawiyah yang didukung dengan media gambar dalam pembelajaran
bahasa Arab siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri karangmojo dengan alasan
memudahkan siswa dalam proses belajarnya. Kedua: dalam proses pembelajaran
bahasa Arab terdapat faktor pendukung seperti keberanian siswa untuk tampil,
LCD Proyektor, dan guru yang ideal. Juga terdapat faktor penghambat seperti
rendahnya kemampuan dasar siswa, minimnya fasilitas belajar, dll. Terakhir, guru
tetap berusaha mencari solusi untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut
dalam proses pembelajaran. Seperti menciptakan media sendiri berupa gambargambar
yang mampu menarik perhatian siswa, dll.