Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
EDI SUWAWAN, NIM. 08470091
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 03:44:50
Abstract :
Edi Suwawan. Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara
dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012.
Ki Hadjar Dewantara adalah seorang tokoh pendidikan Nasional yang
pendidikanya bernuansa ke Indonesiaan, gagasan-gagasanya sangat relevan dengan
budaya masyarakat Indonesia. Konsep Ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun
karso, tutwuri handayani?. ajaran yang menjungjung tinggi nilai-nilai kebebasan,
kebudayaan, keagamaan, dan rasa nasionalimenya yang tinggi, sehingga Beliau
dijuluki sebagai bapak pendidikan Indonesia, karena beliau adalah orang yang
pertama meletakkan pentingnya pendidikan. Dengan pendidikan manusia bisa
terhindar dari penindasan dan keterpurukan.
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan keluarga, merupakan
pendidikan yang paling pertama dan utama bagi perkembangan anak. Di era
perubahan ini telah menurun hakekat pendidikan kekeluargaanya, sehingga
pendidikan keluarga yang seharusnya dijadikan pendidikan yang pertama dan utama
telah berubah menjadi pendidikan yang tidak penting. Sehingga tujuan dari penelitian
ini adalah: pertama, menjelaskan konsep pendidikan dalam keluarga, sebagai
pendidikan yang pertama dan utama. Kedua, menjelaskan relavansinya pendidikan
keluarga dengan pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan
mengunakan buku pendidikan yang ditulis oleh Ki Hadjar Dewantara sebagai buku
utamanya dan didukung oleh buku-buku yang lain yang ada kaitanya dengan buku
utama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, yaitu
melalui buku-buku, majalah, artikel, arsip, internet, dan lain-lain yang dapat
mendukung kajian penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka
metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik.
Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, pendidikan keluarga menurut Ki
Hadjar Dewantara merupakan sebuah konsep yang lebih mengedepankan kebebasan
dalam keinginan anak dalam berkarya dan tidak lupa pula dengan kodrat alam
sebagai batasan kemampuan anak. Pendidik mengedepankan proses pendidikan
dengan Ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tutwuri handayani.
Kedua, relevansi pendidikan keluarga dengan pendidikan Islam memiliki tujuan yang
sama, yaitu mencapai sebuah kebebasan dalam menjalankan aktifitas tanpa adanya
sebuah paksaan dan kebahagiaan hidup didalam dunia dan akhirat. Pendidikan Islam
juga mengajarkan bagaimana cara mendidik anak sebagaimana yang telah dikisahkan
oleh Luqman Al-Hakim dalam surat Luqman ayat 12-19.