Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RINI SUMINARSIH, NIM. 08480011
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-23 03:26:51
Abstract :
RINI SUMINARSIH.Analisis kualitas butir soal Ulangan Tengah
Semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 3 MI Negeri Jejeran
Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kegiatan evaluasi
memilikiperanan penting dalam pendidikan, khususnya dalam proses
pembelajaran karena dengan evaluasi dapat diketahui hasil dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melalui hasil tersebut dapat ditentukan
tindak lanjut yang akan dilakukan. Baik tidaknya soal evaluasi sangat ditentukan
oleh kemampuan guru dalam menyusun instrumennya. Permasalahan yang
muncul di MI Negeri Jejeran, Bantul, Yogyakarta adalah guru bidang studi
Bahasa Indonesia belum melakukan analisis kualitas soalmelalui sistem
komputerisasi dan nilai prestasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
juga rendah dengan ditemukannya banyak siswa yang mendapat nilai dibawah
standar penilaian yaitu 7.0 bahkan ada beberapa siswa yang mengikuti remidi
karena nilainya masih jauh di bawah standar, sehingga muncul keinginan untuk
meneliti soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir
soal mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa MI Negeri Jejeran, Bantul,
Yogyakarta apabila ditinjau dari analisis: validitas, reliabilitas, daya pembeda,
fungsi pengecoh, derajat kesukaran, dan pencapaian kompetensi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data penelitian
berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, dengan mengambil latar
MI Negeri Jejeran, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan program Microcat Model
Iteman versi 3.00 dan Anates versi 4.0.5.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasoal Ulangan Tengah Semester genap
mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 3 MI Negeri Jejeran Bantul
Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 memiliki25 soal pilihan ganda dan 16 soal
essayyang valid, reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,88 berarti reliabilitasnya
tinggi, sedangkan soal essay reliabilitasnya sebesar 0,81 berarti reliabilitasnya
tinggi, derajat kesukaran item butir tes pilihan ganda dan essayterlalu mudah,
daya pembeda item yang diterima sebanyak 27 butir, fungsi pengecohnya yaitu
sebanyak 30dari 50 pengecoh berfungsi dengan baik, soal tersebut belum mampu
mengukur semua kompetensi yang harus dicapai siswa pada semester
genap,karena kisi-kisi pembuatan soal dikerjakan setelah soal diujikan. Kualitas
soalnya tergolong kurang baik, karena yang memiliki kriteriavaliditas, reliabilitas,
derajat kesukaran item, daya pembeda item, dan fungsi pengecoh yang baik hanya
berjumlah 12atau 29,27 %.