Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RIRIN WIJAYANTI, NIM. 08420164
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-12 03:21:12
Abstract :
Ririn Wijayanti, Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi
Belajar Bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Gunugkidul Tahun Pelajaran 2011/
2012. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah
dan KeguruanUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Latar belakang penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru bahasa
Arab yang jauh dari apa yang diharapkan, membawa pengaruh negatif terhadap
prestasi belajar bahasa Arab, begitu pula sebaliknya guru yang memiliki
kompetensi pedagogik yang baik akan membawa pengaruh positif terhadap
prestasi belajar bahasa Arab. Maka dilakukan penelitian tentang korelasi antara
kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar bahasa Arab kelas VII MTs N
Gubukrubuh tahun pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam hal ini adalah
adakah korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar bahasa
Arab, bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab, dan apa faktor
penghambat dan pendukung prestasi belajar siswa kelas VII MTs N Gubukrubuh
Gunungkidul tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif, populasi penelitian ini
adalah siswa kelas VII MTs N Gubukrubuh sebanyak 93 diambil sampel 44
dengan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi
analisis validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas
dan linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi
Product Moment SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Korelasi antara kompetensi pedagogik
guru dengan prestasi belajar bahasa Arab terdapat korelasi yang rendah namun
signifikan dengan nilai korelasi 0,307 dengan sig 0,043. 2. Perhitungan
kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dengan menggunakan microsoft excel
dan disajikan dalam bentuk diagram menunjukan taraf cukup. Adapun
prosentasenya 68,75 mengelola pembelajaran, 66,19 mampu memahami peserta
didik, 66,67 merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, 67,52 evaluasi hasil
belajar, dan 64,20 pengembangan peserta didik. 3. Faktor pendukung prestasi
belajar bahasa Arab yaitu sarana prasarana ruang kelas yang nyaman, Baca Tulis
Alquran (BTA), lingkungan madrasah, kemampuan guru, dukungan orang tua,
dan kartu mufrodat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah asal sekolah peserta
didik, kurangnya fasilitas madrasah, persepsi buruk siswa terhadap pelajaran
bahasa Arab, minat dan motivasi belajar, kurangnya dukungan orang tua dan
lingkungan yang tidak agamis.