Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RISA GOWWIYUNINGSIH, NIM. 08420004
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-12 07:15:15
Abstract :
Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai oleh
pembelajar bahasa asing untuk dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi
dengan bahasa tersebut. Penguasaan kosakata yang baru dikenal dalam ingatan
siswa memiliki kecenderungan untuk mudah dilupakan, sehingga siswa cepat lupa
dengan kosakata yang baru diterimanya. Menyikapi permasalahan tersebut perlu
adanya model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat memperkuat hafalan
kosakata bahasa Arab siswa yaitu dengan permainan kwartet arabiyyah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan
permainan kwartet arabiyyah dalam upaya memperkuat hafalan kosakata bahasa
Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan, Bayat, Klaten? 2) apakah
model permainan kwartet arabiyyah dapat memperkuat hafalan kosakata bahasa
Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan, Bayat, Klaten?. 3) apa
tanggapan siswa kelas IV tentang permainan kwartet arabiyyah dalam
pembelajaran kosakata bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektifitas pembelajaran bahasa
Arab dengan menggunakan permainan kwartet arabiyyah dalam upaya
memperkuat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah
Krakitan, Bayat, Klaten. 2) untuk membuktikan bahwa permainan kwartet
arabiyyah merupakan salah satu model pembelajaran yang untuk memudahkan
siswa dalam menghafal kosakata bahasa Arab tanpa merasa dipaksa. 3) untuk
mengetahui apakah permainan kwartet arabiyyah menarik bagi siswa kelas IV di
MI Muhammadiyah Krakitan, Bayat, Klaten?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI
Muhammadiyah Krakitan, berjumlah 26 siswa. Dan teknik pengumpulan data
menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat
kualitatif dianalisis dengan analisis deskriftif kualitatif.
Pelaksanaan tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus
terdiri dari dua pertemuan. Evaluasi dilaksanakan pada saat pertemuan kedua
disetiap siklusnya. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan yaitu mulai
dari pre tes yang rata-rata 43,31 meningkat pada siklus I menjadi 74,54 kemudian
post test siklus II meningkat menjadi 85,54. Dari hasil penilaian evaluasi dapat
disimpulkan bahwa permainan kwartet arabiyyah dapat memperkuat hafalan
kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI muhammadiyah Krakitan, hal tersebut
sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu nilai rata-rata
skor hafalan kosakata bahasa Arab siswa meningkat sebesar 80.
Kata Kunci: Permainan Kwartet Arabiyyah, Memperkuat Hafalan, Kosakata