Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
IDAH MUFIDAH, NIM. 08420031
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 08:54:31
Abstract :
IDAH MUFIDAH (08420031). Implementasi Pembelajaran Amtsilati
Sebagai Metode Praktis Mendalami Al-qur?an Dan Membaca Kitab Kuning
(Analisis Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-fajar Babakan Lebaksiu
Tegal Tahun 2012)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penerapan metode
Amtsilati sebagai metode praktis dalam mendalami Al-qur?an dan membaca kitab
kuning dan implementasinya dalam pengkajian kitab kuning dan pembelajaran
bahasa Arab dan kekurangan serta kelebihan metode tersebut
Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang
masuk dalam kategori penelitian kualitatif, dengan mengambil latar pondok
pesantren Al-fajar Babakan Lebaksiu Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang penulis peroleh
bersumber dari pengasuh pondok pesantren, ustadz-utadz, dan santri-santri di
pondok pesantren Al-fajar. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif
yang bersifat deskriptif, yaitu cara berfikir dalam pembahasan yang konkret
selanjutnya ditarik kesimpulan yang bersifat umun. Pemeriksaan keabsahan data
dilakukan dengan mengadakan verifikasi data dengan membandingkan antara
hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang ada.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, penulis mendapatkan
beberapa kesimpulan terkait proses pembelajaran Amtsilati yaitu: (1) Proses
pembelajaran Amtsilati di dalam kelas dimulai dengan muqaddimah, dilanjutkan
dengan penyajian materi yaitu judul materi beserta contoh pertama dan keterangan
dibaca oleh guru dan diperhatikan oleh siswa, kemudian siswa meneruskan
membaca contoh beserta keterangan yang ada sesuai dengan materi yang sedang
dipelajari hinga selesai. Kemudian guru memberikan penjelasan materi secara
focus dan tidak bolah melebar. Selanjutnya guru memberikan post tes secara tidak
tertulis, tanya jawab, kesimpulan, dan penutup. (2) adapun kegiatan yang
mendukung Amtsilati di luar waktu pembelajaran diantaranya adalah hafalan
dilaksanakan seminggu sekali dengan menghadap langsung pada guru, hulashoh
dibaca setiap sebelum pengajian. (3) Hasil pembelajaran Amtsilati
diimplementasikan dalam pengkajian kitab-kitab kuning, dan juga dalam
pembelajaran bahasa Arab (4) Hambatan yang dihadapi dalam penerapan metode
Amtsilati di pondok pesantren Al-fajar adalah terbatasnya waktu pembelajaran
Amtsilati serta adanya sistem pembelajaran berbasis kelas sehingga membutuhkan
waktu yang lebih lama untuk mempelajari Amtsilati. (5) penerapan metode
Amtsilati di pondok pesantren Al-fajar efektif dalam membantu siswa terutama
dalam proses belajar membaca kita kuning dan kaidah-kaidah bahasa Arab.
Terbukti dengan prestasi Juara I lomba Marhalah Ula Putri Kitab Ta?limu
Ta?allim Musabaqoh Fahmi Kutubit thurots Kabupaten Tegal 2011 oleh Eliyatul
?Izzah santri ponpes Al-fajar kelas VII MTs yang sebelumnya belum pernah
mempelajari ilmu alat dan tandingannya adalah seluruh pondok pesantren sekabupaten
Tegal.