Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SADAM SILAKHUDIN, NIM. 08420121
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-17 01:24:49
Abstract :
Sadam Silakhudin. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten
Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan, dan mengetahui problem apa saja yang dialami guru
dalam upaya mengimplementasikan KTSP mata pelajaran bahasa Arab di MTs N
Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan
mengambil setting di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, serta
penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
data deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang
menjadi fokus dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Trianggulasi
data.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1)Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas
Playen Kabupaten Gunungkidul belum optimal. Hal ini terbukti dengan beberapa
indikator (a) sekolah belum pernah mengadakan pelatihan secara khusus tentang
KTSP,(b) dalam penyusunan silabus, penyusunan RPP masih belum optimal (c)
metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum variatif guru masih
menggunakan metode konvensional. (2) Hasil pembelajaran bahasa Arab
memberikan nilai pada aspek kognitif sedangkan pada aspek afektif dan
psikomotorik hasil penilaian menggunakan catatan yang meliputi kehadiran,
keaktifan dan kepribadian. (3) Problematika yang dihadapi guru bahasa Arab
ketika mengimplementasikan KTSP yakni(a) guru kurang bisa memahami tentang
KTSP karena kurangnya pelatihan yang berhubungan langsung dengan KTSP, (b)
kurangnya minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab karena banyak dari siswa
yang berasal dari kalangan menengah kebawah sehingga orang tua kurang
memperhatikan belajar siswa, (c)latar belakang siswa yang berbeda-beda sehingga
kemampuan pemahaman siswa tentang bahasa Arab bervariasi, (d) belum adanya
media yang menunjang seperti Lab. Bahasa dan kamus bahasa Arab. (4) Adapun
usaha guru dalam mengatasi problem siswa adalah guru mengadakan pelatihan
Baca Tulis Al-Quran dan membuat buku hafalan siswa, hal ini untuk menunjang
pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh.