Abstract :
RUSMIYATI. Analisis Construct Validity Soal Ulangan Akhir Semester I
Mata Pelajaran PAI dalam Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas VIII tahun
pelajaran 2012/2013 di SMP N I Panggang Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta:
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Latar belakang masalah ini adalah: salah satu perangkat pembelajaran yang sangat
penting adalah Tes. Seringkali para guru di sekolah kurang memperhatikan
terhadap kualitas tes yang mereka pergunakan untuk mengetahui tingkat
keberhasilan siswa. Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester merupakan salah satu
tolok ukur untuk mengetahui mutu pendidikan di Indonesia. Terkait dengan
kesesuaian antara butir soal yang disusun harus mencakup materi, standar
kompetensi, kompetensi dasar dan indikator. Karena itu setiap butir soal
hendaknya memiliki validitas konstruksi artinya bahwa apabila butir-butir soal
yang membangun tes tersebut mengukur setiap aspek berpikir seperti yang
disebutkan dalam tujuan pembelajaran atau mengukur sesuatu sesuai dengan
definisi yang digunakan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah
: Apakah telah ada kesesuaian antara Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan
Indikator dalam kurikulum PAI dan Apakah soal ulangan akhir semester I mata
pelajaran PAI kelas VIII di SMP N I Panggang sudah mampu menggambarkan
kompetensi dan materi yang dituntut dalam kurikulum PAI. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang kesesuaian antara Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator dan untuk mengetahui apakah soal
ulangan akhir semester I mata pelajaran PAI sudah mampu menggambarkan
pencapaian kompetensi siswa kelas VIII di SMP N I Panggang Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di
SMP N I Panggang Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
dokumentasi dengan menggunakan teknik Delphi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan construct analysis (analisis konstruki) yaitu penelitian yang bersifat
pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam
media massa.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat kesesuaian antara Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator karena ketiga ranah (kognitif,
afektif, psikomotor) sudah terdapat dalam penjabaran Standar Kompetensi ke
Kompetensi dasar dan Indikator.(2) dilihat dari analisis validitas konstruksi, soal
ulangan akhir semester I mata pelajaran PAI di SMP N I Panggang Gunungkidul
telah mampu mengukur semua kompetensi yang harus dicapai siswa pada
semester I. Hanya saja ada beberapa soal yang perlu diadakan perbaikan,
diantaranya adalah soal nomor 15, soal nomor 32, soal nomor 39, dan soal nomor
46. Selain itu peneliti, juga menganalisis validitas konstruksi ini dengan
membandingkan proporsi kurikulum dengan kisi-kisi soal dan membandingkan
proporsi kurikulum dengan butir soal.