Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SHANTI SUNDARI, NIM. 09410208
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2018-08-24 06:51:11
Abstract :
SHANTI SUNDARI. Integrasi Strategi Gallery of Learning dan Metode
Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII Putri di
SMPIT Masjid Syuhada. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang
penelitian ini adalah Strategi dan Metode sangatlah penting untuk digunakan
dalam pembelajaran dikarenakan berfungsi untuk membantu siswi memahami
materi pelajaran. Namun kenyataannya tidak selamanya guru mempersiapkan dan
menggunakan strategi dan metode. Adanya tawaran dari peneliti untuk
menggabungkan strategi Gallery of Learning dan metode diskusi yang akan
diterapkan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswi kelas VIII putri di
SMPIT Masjid Syuhada. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah
bagaimana proses pembelajaran menggunakan integrasi strategi Gallery of
Learning dan metode diskusi, apa manfaat yang didapat dan apa kendala yang
dialami. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis
tentang penerapan integrasi strategi Gallery of Learning dan metode diskusi dan
manfaat yang didapat serta kendala yang dialami.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan mengambil
latar di SMPIT Masjid Syuhada. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan tindakan kelas, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan dengan mendiskripsikan dan menganalisis data yang menjadi
fokus penelitian. Pertama melakukan pra research dilanjutkan dengan mengambil
data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi lalu memberikan makna
terhadap data yang dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan
data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Integrasi strategi Gallery of Learning
dan metode diskusi meningkatkan pembelajaran menjadi lebih baik dan
mengalami perkembangan pada setiap siklusnya. Namun pelaksanaannya tidak
hanya menggunakan satu strategi dan metode saja tetapi menggunakan multi
strategi dan multi metode, (2) Manfaat yang dapat diambil adalah melatih daya
berfikir, keaktifan dan kreatif siswi, bersosialisasi dengan teman-temannya,
dijadikan inovasi pembelajaran sehingga siswi tidak mudah bosan mengikuti
pelajaran PAI dan dapat digunakan ketika waktu pengayaan untuk memperdalam
materi yang sebelumnya siswi telah mempelajari materi, (3) Kendala yang dialami
adalah kecocokan materi, kondisi siswi yang kadangkala tidak mudah diatur
seperti ada siswi yang ramai, berbicara dengan teman lain disaat berdiskusi,
ataupun karena faktor suasana yang sudah siang sehingga menyebabkan siswi
sudah tidak fokus untuk mengikuti pelajaran, serta siswi hanya paham materi yang
didiskusikan di kelompoknya saja dan jika integrasi strategi dan metode ini
digunakan terus menerus siswi akan merasa bosan. Solusi yang digunakan adalah
memilih materi yang cocok, guru lebih memperhatikan dan membantu siswi
mengatasi kesulitan, adanya pengkondisian saat presentasi serta guru selalu
menginovasi strategi dan metode dalam pembelajaran.