Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SELLY CANDRA PRIMASTRI , NIM. 08420048
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-17 01:30:04
Abstract :
Selly Candra Primastri, Pelaksanaan Program Aplikasi Al-Qur??n Sebagai
Upaya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs Negeri
Ngemplak Sleman Yogyakarta. Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Bahasa Al-Qur??n adalah bahasa Arab, karenanya bahasa Arab adalah
sumber utama pengetahuan tentang Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui proses pelaksanaan Aplikasi Al-Qur??n yang merupakan lahan
pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui bagaimana
kontribusi dari program Aplikasi Al-Qur??n yang digunakan sebagai upaya
peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Negeri
Ngemplak Sleman Yogyakarta.
Penelitian merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan dan cara berfikir induktif. Sumber data penelitian adalah
Kepala MTs Negeri Ngemplak; Koordinator Program Aplikasi Al-Qur??n; Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab; Guru Pembimbing Program Aplikasi Al-Qur??n dan
siswa kelas VII MTs Negeri Ngemplak. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan observasi langsung, wawancara mendalam dan dikuatkan dengan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa program Aplikasi Al-Qur??n di MTs
Negeri Ngemplak masuk dalam mata pelajaran reguler dan termasuk muatan lokal
(mulok). Program ini memiliki alokasi waktu 2 x 40 menit perminggu, dengan
didampingi 2 guru pembimbing disetiap kelasnya. Program ini merupakan
program pembelajaran Al-Qur??n seperti pada umumnya yang dilatarbelakangi
karena input siswa yang masuk dari sekolah negeri biasa sehingga kemampuan
membaca Al-Qur??n masih perlu ditingkatkan dan belum pernah mendapat materi
pembelajaran bahasa Arab sebelumnya. Program Aplikasi Al-Qur??n merupakan
lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab. Karena dalam program
tersebut, terdapat latihan-latihan membaca dan menulis rangkaian huruf hijaiyah
yang merupakan modal awal belajar bahasa Arab. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pelaksanaan program Aplikasi Al-Qur??n dapat menjadi lahan
pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan Program Aplikasi Al-Qur??n ini
terbukti berkontribusi positif karena guru dan siswa merasa terbantu dengan
adanya program tersebut. Sehingga dengan kata lain, Pelaksanaan program
Aplikasi Al-Qur??n dapat digunakan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar
bahasa arab siswa kelas VII di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta.