Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI FATIMAH, NIM. 08420067
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-17 01:39:22
Abstract :
Siti Fatimah. Analisis Kontrastif Struktur Kalimat Bahasa Arab dan
Bahasa Persia. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Setiap bahasa memiliki struktur kalimat yang berbeda antara satu dengan
lainnya, begitupun dengan bahasa Arab dan bahasa Persia. Perbedaan struktur ini
dapat menimbulkan interferensi di dalam pembelajaran bahasa Persia bagi siswa
pemula yang mempuyai kemampuan berbahasa Arab sehingga menimbulkan
kesalahan berbahasa.
Penelitian ini difokuskan pada struktur kalimat sederhana dalam bahasa
Arab dan bahasa Persia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai
bentuk struktur kalimat bahasa Arab dan bahasa Persia, menganalisis persamaan
dan perbedaannya serta menentukan cara penyampaian materi pengajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontrastif
yang menggunakan beberapa langkah, yaitu mendeskripsikan struktur kalimat
bahasa Arab dan Persia, membandingkan struktur kalimat kedua bahasa tersebut,
memprediksi kesulitan yang mungkin dilakukan siswa pemula yang sudah
mengenal bahasa Arab dalam mempelajari bahasa Persia, mengurutkan bahan
pengajaran dan terakhir menentukan cara untuk menyampaikan pengajaran
tersebut.
Dari hasil penelitian dietahui bahwa: 1) pola dasar kalimat afirmatif dalam
bahasa Arab adalah S ? P atau V ? S - O, sedangkan dalam bahasa Persia S ? O ?
V (verb selalu terletak di belakang), 2) pembuatan kalimat negatif sama, hanya
saja partikel negatif dalam bahasa Arab lebih bervariasi dan bias memngakibatkan
perubahan pada kata kerja dan kata benda, 3) tidak ada perbedaan dalam
pembuatan kalimat tanya di antara kedua bahasa, 4) prinsip yang digunakan dalam
kalimat perintah dan larangan sama. Yang membedakan adalah partikel yang
digunakan di dalamnya dan variasi tasrif yang lebih banyak dalam bahasa Arab, 5)
kalimat pasif dibuat dengan cara mengubah bunyi harakat pada fi?ilnya,
sedangkan dalam bahasa Persia dengan merubah kata kerja menjadi bentuk past
participle dan menambahkan partikel pasif di belakang. Dari perbedaan ini
diprediksikan bahwa siswa dengan kemampuan berbahasa Arab akan mengalami
kesulitan ataupun kesalahan dalam menyusun struktur kalimat yang berbeda itu.
Berdasarkan perbandingan ini maka pengajaran struktur kalimat Persia bagi siswa
dimulai dari aspek-aspek yang memliliki kesamaan dan dilanjutkan kepada aspekaspek
yang memiliki perbedaan. Adapun metode yang bias digunakan dalam
penyampaian bahan pengjaran ini adalah eclectic method, practice ? theory
method, cognate method dan dual ? language method.