Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI MAHFUDHOH , NIM. 08420087
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-17 01:41:22
Abstract :
SITI MAHFUDHOH. Efektivitas metode cooperative learning tipe team
games tournamen (TGT) sebagai peningkatan prestasi belajar qira?ah siswa kelas
VIII Studi Eksperimen di MTs Negeri Piyungan Bantul. Skripsi. Yogyakarta:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Pelaksanaan
pembelajaran bahasa Arab di MTsN Piyungan, 2). Efektivitas pembelajaran
bahasa Arab dengan menggunakan metode TGT di MTs Negeri Piyungan, 3).
Peningkatan prestasi belajar menggunakan metode TGT. Dengan adanya
penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar Qira?ah siswa kelas
VIII di MTs Negeri Piyungan Bantul.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri
Piyungan Bantul 2011-2012 sebanyak 151 siswa. Sampel penelitian ini terdiri
atas dua kelas yaitu, kelas VIII A sebagai kelompok kontrol sejumlah 28 siswa,
dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sejumlah 30 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: teknik observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji
kemampuan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas,
menggunakan bantuan SPSS 16. sedangkan untuk uji tingkat kesukaran dan daya
pembeda menggunakan bantuan Ms Excel. Analisis untuk pengujian hipotesis
menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.
Hasil penelitian menujukan bahwa : 1). Pelaksanan pembelajaran bahasa
Arab dengan menggunakan metode TGT berjalan lancar dengan adanya variasi
pembelajaran. Metode TGT ini terpusat kepada siswa, sehingga siswa terlibat
aktif dalam pembelajaran bahasa Arab yang sedang berlangsung. Kegiatan
pembelajaran ini, yang meliputi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
qira?ah dan kemampuan bekerjasama, kemampuan mengajukan pertanyaan dan
kemampuan menjawab pertanyaan. Siswa sangat lebih bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Hal ini karena siswa dapat bekerjasama
pada setiap kelompoknya. 2). Hasil analisis uji-t disimpulkan bahwa nilai sig.
menunjukan nilai dari sig = 0,63 < 0,05, jadi Ho diterima. Berarti kesamaan
variasi terpenuhi dan pembelajaran menggunakan metode TGT lebih efektif. 3).
Ya, metode cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar
qira?ah siswa kelas VIII. Karena menujukan nilai rata-rata post-test untuk
kelompok eksperimen sebesar 84,77 sedangkan kelompok kontrol hanya
memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 73,11.
Kata kunci: Team Games Tournamen, Prestasi Belajar