Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI ROHMAH , NIM. 09480012-M
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-23 03:57:48
Abstract :
Siti Rohmah, ?Pemanfaatan KIT IPA Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
IPA Ranah Kognitif Dan Psikomotorik Pokok Bahasan Sifat Cahaya Siswa Kelas V
MI Ma?arif Trimulyo Kecamatan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2011/ 2012?,
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2012.
Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)
Bagaimanakah prestasi belajar IPA pada pokok bahasan sifat cahaya pembelajaran
IPA sebelum menggunakan KIT IPA Siswa Kelas V pada Pokok Bahasan Sifat
Cahaya di MI Ma?arif Trimulyo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo
Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPA
dengan Pemanfaatan KIT IPA pada Siswa Kelas V pokok bahasan sifat cahaya di
MI Ma?arif Trimulyo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun
Pelajaran 2011/2012, (3) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar IPA ranah
kognitif dan psikomotorik dalam pembelajaran IPA dengan Pemanfaatan KIT IPA
pada Siswa Kelas V Pokok Bahasan Sifat Cahaya di MI Ma?arif Trimulyo
Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Prestasi belajar didapat dari pemberian soal tes pada tiap akhir siklus, selain
itu prestasi belajar juga diambil dari hasil pengamatan saat siswa melakukan
percobaan, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan minat belajar siswa,
(2) adanya peningkatan prestasi belajar IPA siswa baik ranah kognitif maupun ranah
psikomotorik di atas KKM 70 yang mencapai 80% dari jumlah siswa kelas V MI
Ma?arif Trimulyo.
Hasil Uji Pokok Bahasan tiap siklus mengalami peningkatan baik ranah
kognitif maupun ranah psikomotorik, hasil uji ranah kognitif pada siklus I nilai ratarata
77,4 nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 50 dengan presentase
ketuntasan 80 % Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata adalah 87 nilai tertinggi
adalah 100 dan nilai terendah adalah 70 dengan presentase ketuntasan 100.
Sedangkan pada ranah psikomotorik, pada siklus I nilai rata-rata 76, nilai tertinggi 90
dan nilai terendah 40 dengan presentase ketuntasan 76%. Pada siklus II nilai rata-rata
81,6, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 dengan presentase ketuntasan 92%. Hal
ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar IPA ranah kognitif dan
ranah psikomotorik walaupun pada ranah kognitif pada siklus II masih ada 2 siswa
(8%) yang belum tuntas pada pokok bahasan sifat cahaya dengan pemanfaatan KIT
IPA.
Pemanfaatan KIT IPA menciptakan kesenangan dalam belajar, menjalin rasa
simpati dan saling pengertian sehingga terjalin hubungan yang baik.
Kata Kunci : Pembelajaran IPA MI, KIT IPA, Minat, Prestasi, Kognitif,
Psikomotorik