Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI ROJIAH, NIM. 08420030
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-17 01:51:42
Abstract :
Siti Rojiah. Eksperimentasi Penggunaan Laboratorium Bahasa Dalam Upaya
Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA YAPPI
Gubukrubuh Gunungkidul. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan media laboratorium bahasa yang
nantinya bisa mengungkapkan ada tidaknya peningkatan minat belajar bahasa
Arab dan perbedaan minat antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol
pada siswa kelas XI MA YAPPI Gubukrubuh Gunungkidul
Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 anak, yakni kelas
XI A yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 18 siswa dan
kelas XI B yang dijadikan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 17 siswa.
Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
wawancara, dokumentasi, dan angket.
Dalam rangka menguji keampuhan instrument dilakukan dengan menggunakan uji
validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji validitas dilakukan dengan metode Pearson
Correlation yaitu mengkorelasikan skor tiap item dengan skor total. Sedangkan
untuk uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha. Persyaratan uji
analisis data menggunakan uji normalitas dengan metode Kolmogorov-Smirnov Z
dan uji homogenitas yang dilakukan dengan metode Test of Homogenity of
Variance. Analisis data yang dipakai berupa data statistik dengan menggunakan
uji ?t?.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada masingmasing
kelompok
eksperimen
dan
kelompok
kontrol
pada
pra
tindakan
dan
pasca
tindakan.
Untuk kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan
laboratorium bahasa) mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 5,11 dari skor
awal sebesar 99,39 meningkat menjadi 104,50. Sedangkan untuk kelompok
kontrol (kelompok yang tidak menggunakan laboratorium bahasa) terjadi
peningkatan nilai rata-rata sebesar 1,35 dari skor awal sebesar 92,47 meningkat
menjadi 93,82.
Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut,
menunjukkan bahwa media laboratorium bahasa merupakan salah satu media
yang cocok untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa. Ini terbukti
dengan adanya peningkatan hasil skor minat belajar bahasa arab pada kelompok
eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol.