Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI TSANIYATUL HIDAYAH, NIM. 08480033
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-23 04:07:58
Abstract :
SITI TSANIYATUL HIDAYAH. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan
Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo.
Skripsi. Yogyakarta: prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa orang tua merupakan
motivator belajar yang penting bagi anak usia sekolah dasar, sebab keluarga adalah
pendidik pertama dari pengalaman anak-anak. Pemberian pola pengasuhan yang
tepat harusnya juga diikuti motivasi belajar anak yang bagus. Namun pada
kenyataanya motivasi belajar yang dimiliki anak kurang. Oleh karena itu perlu
diadakan penelitian tentang hubungan antara pola asuh yang diberikan terhadap
motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan
positif antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V MI Negeri
Sindutan Temon Kulon Progo dan sejauh mana pola asuh orang tua mempengaruhi
motivasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Negeri Sindutan Temon
Kulon Progo sebanyak 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pada
ciri-ciri atau karakteristik yang sudah ditentukan (purposive sampling). Ukuran
sampel ditentukan menggunakan taraf kesalahan 5%. Alat ukur yang digunakan
adalah skala motivasi belajar dan skala pola asuh orang tua. Analisis instrument
meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas untuk skala
motivasi belajar menunjukkan dari 50 butir soal ada 31 butir soal yang valid, sedang
reliabilitas sebesar 0,896 dan dinyatakan reliabel. Untuk skala pola asuh orang tua
menunjukkan dari 51 butir soal ada 30 butir soal yang valid. Sedang reliabilitas
sebesar 0,866 dan dinyatakan reliabel. Analisis data berupa analisis regresi linier
sederhana. Namun sebelum dilakukan analisis dilakukan uji prasyarat yang meliputi
uji normalitas dan uji linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara
pola pengasuhan yang diberikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V
MI Negeri Sindutan Temon Kulon Progo. Dimana apabila pola asuh yang diberikan
pada siswa meningkat 1% maka akan diikuti pula peningkatan motivasi belajar siswa
sebesar 0,555%, dimana semakin baik pola asuh semakin baik pula motivasi belajar
siswa. Motivasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sindutan dipengaruhi oleh pola
asuh orang tua sebesar 18,1%, sedangkan 81,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar
dari variabel dalam penelitian yang digunakan.