Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI MAIMUNAH, NIM. 09420196
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-05-03 03:46:10
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang menunjukkan
bahwa penguasaan mufrodat siswa kelas i?dad A Madrasah Diniyah Nurul
Ummah Putri masih sangat rendah. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di
kelas i?dad A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri masih banyak sekali siswa
yang mengalami kesulitan dalam belajar. Guru juga enggan untuk memakai
metode tertentu dalam menyampaikan pembelajaran bahas Arab sehingga guru
cenderung menyamaratakan kemampuan siswa yang ada di dalam kelas. Masih
banyak siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan materi di depan. Selain
itu, raut muka siswa yang terlihat jenuh, mengantuk, bosan, tidak bersemangat dan
tentunya menghambat guru dalam menyampaikan materi. Siswa susah mengingat
kata mufrodat yang tersusun dalam kalimat yang sempurna. Akibatnya
penguasaan mufrodat siswa masih rendah yang berpengaruh kepada hasil belajar
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri
dari 2 (dua) siklus, setiap siklusnya terdiri dari 3 (tiga) pertemuan yaitu 2 (dua)
kali tatap muka dan satu kali tes. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh
adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh
dari lapangan, penulis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif.
Sedangkan data kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan penguasaan
mufradat siswa kelas i?dad A dalam pembelajaran bahasa Arab dilihat dari hasil
tes penguasaan mufrodat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode nyanyi
dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan mufrodat
siswa. Hal ini dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan antara nilai pada pra
penelitian, siklus I dan siklus II. Peningkatan nilai itu dilihat dari rata-rata dari 6
pada pra penelitian menjadi 7.14 pada siklus I dan menjadi 8.57 pada siklus II.
Data tersebut juga diperkuat dengan nilai terendah dan tertinggi yang meningkat
serta presentase ketuntasan yang sangat memuaskan mencapai 100 %. Dari hasil
penelitian yang telah didapatkan, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan metode nyanyi pada kelas i?dad A Madrasah Diniyah Nurul
Ummah Putri Kotagede berhasil dilaksanakan dengan tercapainya indikator
keberhasilan. Selain itu, dengan data yang diperoleh dalam penelitian dapat
menjawab indikator yang telah ditetapkan dan menyimpulkan bahwasannya
penelitian ini berhasil dengan bukti data-data yang ada.
Kata kunci: Metode nyanyi, pembelajaran bahasa Arab dan penguasaan mufrodat.