Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SITI MUAWANAH, NIM. 08470039
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2018-08-24 06:41:06
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui pengembangan evaluasi
hasil belajar fiqih kelas VIII MTs N Sleman Maguwoharjo Yogyakarta. Selama
ini pelaksanaan evaluasi pada pendidikan agama Islam khususnya mata pelajaran
fiqih belum ideal seperti evaluasi harus dilakukan secara kontinuitas, evaluasi
harus dilakukan secara komprehensif (menyeluruh). Karena dalam penilaian
sering terjadi banyaknya pengajar dalam melaksanakan cara penilaian terhadap
hasil belajar peserta didik tidak secara teratur dan menyambung dari waktu ke
waktu, sehingga tujuan dalam pembelajaran yang telah direncanakan tidak
tercapai dengan sebaik-baiknya, atau seorang pendidik tidak memiliki catatan atau
perhatian khusus sehingga peserta didik belajarnya tidak sungguh-sungguh karena
merasa tidak diawasi dan tidak dimonitor perkembangan kemampuannya, yang
pada akhirnya masalah yang paling rumit dalam sistem pendidikan, yaitu
kurangnya evaluasi yang efektif.
Penelitian skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research),
Subyek yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Kepala MTs Negeri
Sleman Maguwoharjo Yogyakarta, Guru, dan Siswa. dengan mengambil lokasi di
MTs Negeri Sleman Maguwoharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan
dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun metode
analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif.
Dilakukan dengan reduksi data, triangulasi dan kesimpulan data. Sehingga data
yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang
akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara
membandingkan data hasil observasi, dokumentasi dan data hasil wawancara.
Selanjutnya disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan
dipahami. Kemudian data di analisis dan diambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pengembangan
evaluasi hasil belajar fiqih kelas VIII MTsN Sleman Maguwoharjo Yogyakarta
menggunakan teknik-teknik pengembangan evaluasi dengan menggunakan empat
keterampilan yaitu: Pertama, keterampilan menyimak Kedua, Keterampilan
Berbicara Ketiga, Keterampilan membaca Keempat, Keterampilan menulis.
Dengan menggunakan teknik-teknik tersebut implementasi pengembangan
evaluasi hasil belajar fiqih kelas VIII B sangat efektif. Sedangkan dalam hal ini
faktor pendukungnya yaitu: Pertama, latar belakang guru, Kedua, ketersediaan
buku, Ketiga, ketersediaan peserta didik, Keempat, Adanya kerjasama antara guru
dengan keluarga siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Pertama, latar
belakang pendidikan siswa. Kedua, latar belakang keluarga peserta didik. Ketiga,
media atau alat-alat pengembangan evaluasi yang masih terbatas.