Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SRI LESTARI, NIM. 09470179
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2018-08-24 06:53:59
Abstract :
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting di masa kanak-kanak,
karena perkembangan kepribadian, sikap mental dan intelektual dibentuk pada
usia dini. Melalui pembelajaran yang menyenangkan, dan tepat maka anak dapat
berkembang secara maksimal, bermain merupakan salah satu cara pembelajaran
yang tepat bagi anak, melalui bermain anak memperoleh banyak pelajaran yang
mengandung aspek perkembangan kognitif, sosial, emosi, dan bahasa, sehingga
guru harus kreatif menyajikan materi-materi pembelajaran dalam bentuk-bentuk
permainan yang mendidik. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini
adalah (1) bagaimana implementasi Education Games dalam pembelajaran di
TK Islam Pelangi Anak; (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi
Education Games dalam pembelajaran di TK Islam Pelangi Anak. (3) bagaimana
hasil implementasi Education Games dalam pembelajaran anak usia dini
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui, implementasi
Education Games Dalam Pembelajaran di TK Islam Pelangi Anak, Kendala-
Kendala yang dihadapi dan hasil yang dicapai dalam implementasi Education
Games dalam pembelajaran anak usia dini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK
Islam Pelangi Anak Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan dengan
pengamatan (observasi), wawancara mendalam (indept interview), dan
dokumentasi sedangkan Analisa data dilakukan dengan analisa kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan:(1) Implementasi Education Games dalam
pembelajaran di TK islam Pelangi Anak disesuaikan dengan tema pembelajaran.
dilaksanakan awal pembelajaran seperti berjalan diatas titian, memantulkan dan
menangkap bola, berjalan dengan bakiak, memindahkan bola. Inti pembelajaran
seperti minirukan pola gambar macam-macam air, bermain sosiodrama,
menggunting, menempel, mencocok, dilaksanakan saat istirahat atau sebagai
selingan seperti bermain tepuk, bernyanyi, bermain puzzle, balok bangunan,
plaggo. (2) Kendala-kendala yang dihadapi adalah: terdapat alat permainan
edukatif yang kurang memadahi, peserta didik sulit berkonsentrasi, ada yang
mogok tidak mau bermain, mudah bosan, dan berimajinasi sendiri. Dari orang
tua, tidak semua orang tua berperan aktif dalam mendidik anaknya dirumah
sehingga terwujud kelanjutan proses pembelajaran dari sekolah kerumah. (3)
hasil yang dicapai, implementasi Education Games dalam pembelajaran dapat
meningkatkan berbagai aspek seperti aspek kreatifitas, komunikasi atau
bahasa,fisik motorik, sosial emosional dan kepribadian serta aspek kognitif bagi
peserta didik.