Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SRI LUTFIANI, NIM. 09480112
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-31 07:18:34
Abstract :
SRI LUTFIANI, ?Studi Korelasi Tingkat Kedisiplinan Belajar dan
Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran Sekolah Terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V MIN Yogyakarta II?. Skripsi.
Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013.
Keberhasilan sebuah pengajaran tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor yang
perlu diperhatikan oleh guru, diantaranya adalah kedisiplinan belajar siswa. Disiplin
menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata tertib kehidupan
berdisiplin, yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar dan akan
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain kedisiplinan, belajar juga
berpengaruh terhadap prestasi belajar. Agar belajar dapat berjalan dengan baik dan
berhasil perlulah seorang siswa mempunyai jadwal yang baik dan melaksanakannya
dengan teratur atau disiplin. Berangkat dari inilah kemudian penulis bermaksud ingin
mengadakan penelitian untuk mengetahui lebih lanjut seberapa jauh korelasi antara
tingkat kedisiplinan belajar dan pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran
sekolah terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data
peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (interview) dokumentasi,
angket, dan observasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data melalui
dua tahap. Tahap pertama yaitu editing dan tabulasi data sesuai dengan pendekatan
penelitian. Tahapan kedua yaitu dengan pengujian instrument melalui uji validitas
dan uji reliabilitas, normalitas, linearitas dan multikolinieritas. Selanjutnya dengan
pengujian hipotesis melaui uji korelasi dan uji regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat kedisiplinan belajar dan
pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran sekolah terhadap prestasi belajar
pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V MIN Yogyakarta II adalah korelasi
positif dan signifikan yang rendah. Tingkat kedisiplinan belajar dan pemanfaatan
waktu belajar di luar jam pelajaran sekolah dapat mempengaruhi prestasi belajar
sebesar 0,334 dan 0,306. Sedangkan faktor lainnya dapat dipengaruhi oleh faktor
internal siswa dan faktor eksternal.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Pemanfaatan Waktu, Prestasi belajar.