Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SUGIANTORO, NIM. 09470078
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2018-08-24 06:45:28
Abstract :
Sugiantoro. Pelaksanaan Pendidikan Agama Berwawasan Multikultutal Dalam
Membina Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi,
Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan keguruan, Universitas
Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013.
Pelaksanaan pendidikan agama berwawasan multikultural ini mengajarkan
pada para peserta didik agar dapat menerima akan perbedaan yang dimilki setiap
dari individu, karena perbedaan bukan suatu jurang pembeda yang menjadikan
suatu perpecahan dan konflik, namun dari perbedaan itu menjadikan warana
dalam keragaman bangsa ini (bhineka tunggal ika).
Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Seperti apa pelaksanaan
pendidikan agama berwawasan multikultural di SMA Negaeri 7 Yogyakarta? 2)
bagaimana toleransi beragama di kalangan siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta yang
berlatar belakang heterogen?
Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
teknik penelitian yang meliputi: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis
deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya akan diperkuat dengan
melakukan pengecekan data menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan
bahan referensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Yogyakarta, sekolah
ini merupakan salah satu sekolah menengah tingkat atas yang memiliki ciri khas
dan keunikan tersendiri. SMA Negeri 7 Yogyakarta memiliki siswa.
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Pelaksanaan pendidikan multicultural
disana dilakukan dalam dua tahapan diantaranya waktu didalam kelas dalam
pembelajaran, berupa metode yang digunakan para guru, serta diluar kelas dalam
kegiatan exstra serta kegiatan-kegiatan keagamaan yang berupa rohis, rohkris
serta rohkat. Untuk pembelajaran Pendidikan agama para siswa mendapatkan
porsi yang sama, baik ISLAM, KRISTEN PROSTESTAN, KATOLIK, maupun
HINDU dalam hal pendidikan agama. Kedua, toleransi beragama di SMA Negeri
7 Yogyakarta ditunjukkan dengan 1) Toleransi dalam diri siswa, mereka dapat
hidup- berdampingan dengan latar belakang yang berbeda. 2) Baik guru, siswa,
maupun karyawan SMA Negeri 7 Yogyakarta mengakui keberadaan agamaagama
dan menghormati hak umat beragama dalam menghayati serta menunaikan
tradisi keagamaan masing-masing. 3) Memperhatikan sikap solidaritas sosial atas
kemanusiaan. 4) Mengupayakan agar tidak terjadi konversi agama yang terkesan
dipaksakan. 5) Kesamaan semua siswa sebagai warga Negara yang sangat
beragam sesuai dengan semboyan Negara kesatuan RI, ?Bhinneka Tunggal Ika?.
Kata Kunci: Pendidikan Agama, Multikultural, Toleransi.