DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN STRATEGI READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA MTs KELAS VII DI MTs YAPPI SUMBERJO PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SUMARNI, NIM. 09420049
Subject
Pendidikan Bahasa Arab 
Datestamp
2017-05-03 03:51:11 
Abstract :
Sumarni, Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Strategi Reading Aloud Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa MTs Kelas VII Di MTs YAPPI Sumberjo Patuk Gunungkidul Tahun 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti lakukan adalah untuk mengetahui bahwa pembelajaran dengan strategi Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa MTs kelas VII MTs YAPPI Sumberjo Patuk Gunungkidul Tahun 2012/2013. Dilihat dari pre test dan post tes siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, kepala madrasah dan staff tata usaha (TU). Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata pada siklus I untuk pre test yaitu 63.39 dan post test 69.70. Selanjutnya siklus II hasil rata-rata pre test yaitu 68.03 dan post test 78.33. Sedangkan frekuensi hasil pre test siklus I untuk nilai maksimum yaitu 90 berjumlah 1 orang (3.0%), dan untuk nilai minimum yaitu 40 berjumlah 4 orang (12.1%). Sedangkan frekuensi hasil post test siklus I untuk nilai maksimum yaitu 100 berjumlah 1 orang (3.0%), dan untuk nilai minimum yaitu 40 berjumlah 1 orang (3.0%). Adapun frekuensi hasil pre test siklus II untuk nilai maksimum yaitu 95 berjumlah 1 orang (3.0%), dan untuk nilai minimum yaitu 50 berjumlah 1 orang (3.0%), sedangkan frekuensi hasil post test siklus II untuk nilai maksimum yaitu 100 berjumlah 3 orang (9.1%), dan untuk nilai minimum yaitu 65 berjumlah 1 orang (3.0%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa MTs kelas VII Di MTs YAPPI Sumberjo Patuk Gunungkidul, baik dari hasil pre test maupun post test. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga