Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
UMUL MAGHFIROH, NIM. 09410181
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2018-08-24 03:09:51
Abstract :
UMUL MAGHFIROH. Studi Komparasi Pembelajaran Pai Smpit Alam Nurul Islam
Dan Smp N 15 Yogyakarta (Studi Aktivitas Belajar Pai Siswa). Skripsi. Yogyakarta:
jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah ini yaitu pembelajaran
PAI yang dilakukan sering kali siswa hanya duduk tenang dan mendengarkan
penjelasan dari guru. Padahal keberhasilan pembelajaran itu tidak hanya dilihat dari
prestasi belajar siswa akan tetapi dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI SMP IT Alam Nurul Islam dan
SMP N 15 Yogyakarta, untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar PAI siswa di SMP
IT Alam Nurul Islam dan SMP N 5 Yogyakarta, untuk mengetahui adakah perbedaan
aktivitas belajar siswa yang belajar di SMP IT Alam Nurul Islam dan SMP N 15
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Tenik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah metode wawancara , metode observasi, metode
dokumentasi dan metode angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII
SMPIT Alam Nurul Islam dan SMP N 15 Yogyakarta. Pengambilan sampel siswa
SMPIT Alam Nurul Islam karena kurang dari 100 sehingga diambil semuanya yaitu
20 siswa. Pengambilan sampel SMP N 15 Yogyakarta sebesar 20% dari siswa yaitu
62. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Adapun metode
analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan
menggunakan uji t komparasi bivariat.
Hasil Penelitian ini menunjukan: 1) Tingkat aktivitas belajar SMPIT Alam Nurul
Islam sebagian besar berada pada kategori cukup baik dengan nilai antara 102- 116
yaitu 109,35. Sedangkan tingkat aktivitas belajar SMP N 15 Yogyakarta sebagian
besar berada pada kategori cukup baik dengan nilai antara 99-113 yaitu 106,54. Hal
ini dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu pembelajaran PAI, aktivitas belajar
mandiri siswa dan aktivitas belajar yang dilakukan siswa dalam pembelajaran.
Pembelajaran PAI yang dilakukan mampu memberikan motivasi bagi siswa untuk
mengikuti pembelajaran secara aktif dengan berbagai aktivitas belajar pembelajaran
di kelas sehingga siswa senang belajar PAI dan menyadari bahwa PAI itu penting.
Adapun perbedaan mean diantara keduanya yaitu 109,35-106,54 = 2,81. 2) Terdapat
perbedaan antara aktivitas belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam dan SMP N 15
Yogyakarta dengan melihat mean dianatara keduanya yaitu 109, 35 dan 106,54.
Perbedaan mean keduanya sebesar 2,81. Akan tetapi perbedaan itu tidak menunjukan
perbedaan yang signifikan dan setelah dilakukan uji hipotesis dihasilkan nilai to yang
diperoleh adalah 0,721. Nilai t tabel taraf signifikan 1% bernilai 2,64 dan t tabel
signifikan 5 % 1,99. Karena to yang diperoleh to < t tabel. Sehingga hipotesis
alternatif yang diajukan di tolak, dan hipotesis nol diterima. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa
SMPIT Alam Nurul Islam dan SMP N 15 Yogyakarta.