Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
UTARI SETYANI MA’RUF, NIM. 09470119
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2018-08-24 03:11:17
Abstract :
Latar belakang penelitian ini bahwa perpustakaan mempunyai fungsi
ganda, yaitu sebagai pusat sumber belajar yang tersedia untuk penyimpanan dan
untuk pemanfaatan sumber belajar yang berupa cetak maupun non cetak. Dengan
adanya perpustakaan diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan untuk
mencari informasi bagi keperluan mereka secara mandiri. Di beberapa sekolah,
perpustakaan hanya diposisikan sebagai pelengkap serta dibiarkan menderita.
Oleh sebab itu, unsur-unsur penting dalam proses pendidikan yang meliputi
sarana dan prasarana pendidikan perlu mendapatkan perhatian khusus, salah
satunya yaitu dengan megoptimalkan peranan perpustakaan sebagai sarana
pendidikan yang bersifat sentral (memusat) dengan diposisikan sebagai pusat
sumber belajar, tidak sebagai sarana pendidikan yang sifatnya komplementer,
yang semata hanya diposisikan sebagai pelengkap kegiatan belajar belaka.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
belakang SMA N 2 Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang
diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, laporan, serta
bahan-bahan lain.Analisis data kualitatif ini bersifat induktif, yang terdiri dari tiga
alur yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan : 1)kegiatan pengelolaan perpustakaan
sekolah yang di SMA N 2 Wonosari ini sudah menggunakan sistem online,
kegiatan entry data buku sudah menggunakan proses komputerisasi. Akan tetapi,
proses entry buku ini belum diselesaikan secara maksimal; 2)kelengkapan koleksi
buku di perpustakaan SMA N 2 Wonosari sudah memadai, sehingga peranan
perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa di SMA N 2 Wonosari
sejauh ini sudah dikatakan optimal dalam mengembangkan kompetensi dan
kreativitasnya untuk mencari sumber informasi dan sumber rujukan, serta melalui
peranannya sebagai sarana hiburan ditinjau melalui keantusiasan siswa ketika
belajar di perpustakaan yang menuntut siswa untuk belajar mandiri sudah
dimaksimalkan; 3)Strategi yang dilakukan untuk mengoptimalkan peranan
perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar bagi siswa di SMA N 2
Wonosari ini terbilang variatif, ada yang bersifat stuktural, teknis, dan juga
penghargaan (reward).
Kata kunci : Peranan, Perpustakaan Sekolah, Pusat Sumber Belajar, entry, reward.