Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
VAVA IMAM AGUS FAISAL, NIM. 08470021
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2018-08-24 03:04:42
Abstract :
Vava Imam Agus Faisal. Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah
Daradjat Relevansinya Dengan Kompetensi Guru (Analisis UU No.14 Tahun
2005 Tentang Guru Dan Dosen). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa masih adanya sebagian guru
dalam sebuah lembaga pendidikan pada masa ini mengalami krisis kepribadian.
Sehingga menyebabkan meredupnya citra seorang guru dikalangan anak didik dan
masyarakat. Seorang guru yang seharusnya bisa mengayomi justru menjadi
perusak. Hal tersebut disebabkan kepribadian guru yang tidak mapan berakibat
tidak bisanya memberikan pengajaran yang memuaskan. Guru dianggap telah
kehilangan identitasnya sebagai pendidik yang memanusiakan manusia. Maka
dari itu sangat diperlukan konsep kepribadian yang memadai. Sehingga tujuan
dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui konsep Kepribadian Guru
menurut pemikiran Zakiah Daradjat;(2) Untuk mengetahui seperti apa
kompetensi Guru dalam pandangan UU NO.14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen; (3) Untuk mencari relevansi kompetensi kepribadian Guru menurut
Zakiah Daradjat yang sesuai dengan UU NO.14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (library
research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan, transkrip,
buku dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menelaah suatu data dari
umum ke hal yang khusus dan sebaliknya bertolak dari yang khusus ke umum.
Setelah itu dilakukan perbandingan untuk melihat hal-hal yang memiliki
persamaan dan perbedaan data tersebut. Kemudian di lakukan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru dalam undang
? undang guru dan dosen adalah kompetensi, pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi profesional. (2) konsep kepribadian guru menurut Zakiah Daradjat
dapat disederhanakan menjadi tiga hal, yaitu : (a) kepribadian guru terhadap diri
sendiri (b) kepribadian guru dalam pembelajaran (c) sistem penyampaian. (3)
konsep yang ditawarkan oleh Zakiah Daradjat tentang kepribadian guru masih
relevan dengan empat kompetensi guru yang terdapat dalam undang-undang no 14
tahun 2005. Relevansinya adalah sebagai berikut :(a) Pentingnya memiliki
kemampuan penguasaan teoritis dan proses aplikasinya dalam pembelajaran. (b)
Pentingnya memiliki berbagai macam kepribadian sebagai penunjang atas
tuntutannya sebagai seorang guru. (c) Pentingnya penguasaan komunikasi dan tata
cara komunikasi dalam sebagai sarana guru dalam memperlancar tugas ? tugas
kependidikannya. (d) Pentingnya memiliki keilmuan yang memadai dan sesuai
dengan bidangnya, sebagai bekal seorang pendidik.