Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
IRA RAHMAWATI, NIM. 09420190
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-26 07:20:44
Abstract :
IRA RAHMAWATI. Pengaruh Gaya Belajar Bahasa Siswa Terhadap
Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas VII Semester II Di MTs N Galur. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah sering ditemui masalah
dalam proses pengajaran bahasa Arab mengenai pengayaan metode dan strategi
pengajaran. Penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat karena Guru
kurang memperhatikan gaya belajar siswa dalam mengajar di kelas. Sedangkan
gaya belajar setiap siswa dengan siswa yang lainnya tidaklah sama.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Galur tahun
pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode angket,observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis penelitian
menggunakan analisis deskripsi dan teknik korelasi phi. Metode penelitian ini
adalahmetode kuantitatif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar adalah faktor yang penting
untuk diperhatikan. Guru hendaknya memahami bahawa ternyata setiap siswa
memiliki gaya belajar bahasa Arab yang beragam. Dari deskripsi data prestasi
belajar menurut gaya belajar bahasa Arab jelas bahwa rerata tertinggi prestasi
belajar siswa MTs N Galur adalah siswa yang memilki gaya belajar visual.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa siswa yang mempunyai prestasi tinggi
pelajaran bahasa Arab adalah siswa yang mempunyai gaya belajar visual 35 siswa
dan gaya belajar auditorial 16 siswa. Peran guru dalam melejitkan siswa yang
mempunyai gaya belajar kinestetik harus lebih mendapatkan perhatian khusus.
Semua ini terjadi karena siswa yang memiliki gaya prestasi belajar visual dapat
belajar dengan baik dengan strategi yang dapat mengakomodasi gaya belajarnya.
Hal ini tentunya disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah gaya belajar
siswa yang belum terakomodir dengan metode yang diterapkan guru. Oleh karena
itu setelah penelitian ini dapat dikembangkan penelitian tentang metode mengajar
berdasarkan learning styles.