Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUHAMMAD ISKANDAR ZULKARNAEN , NIM. 97423579
Subject
Bahasa Arab
Datestamp
2017-03-31 01:38:53
Abstract :
Mempelajari dan mendalami pengetahuan agama Islam dari sumbernya yang asli memang tidak mungkin tanpa menguasai bahasa Arab. Di dalam pengajaran bahasa Arab tidak terlepas dari sejumlah komponen-komponen pengajaran yang meliputi: tujuan, bahan pelajaran, belajar mengajar, metode, media atau alat, sumber, evaluasi, guru serta anak didik sebagai factor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar.
Metode penelitian yang digunakan meliputi; Metode Penentuan Subyek, metode pengumpulan data, metode analisa data.
Setelah mengumpulkan data, mengolah dan menganalisa data sehingga hasil penelitian yang telah dijabarkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Proses pelaksanaannya dengan penerapan Direct Method atau Metode Langsung, sedangkan kesulitan ? kesulitan dalam pengajaran bahsa Arab dengan Direct Method di Madrasah Tsanawiyah pondok Pabelan adalah kurangnya fasilitas alat peraga yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab.