Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
UTAMI RATNA ANGGRAINI , NIM.08410017
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-13 07:40:16
Abstract :
UTAMI RATNA ANGGRAINI, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Menanamkan Nilai-nilai Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan
Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa saat ini sering
terdengar dari banyaknya berita-berita yang terdapat di berbagai media masa, baik
media elektronik maupun surat kabar yang mengungkap tentang sikap-sikap
negatif dikalangan muda, dan terlihat adanya problem sosial dalam kehidupan
sehari-hari, terutama dikalangan kaum muda yang relatif masih menjalani
pendidikan di sekolah. Isu-isu yang terdengar mengenai sikap negatif siswa SMP
seperti seks bebas, pornografi, tawuran antar sekolah, minuman keras, narkoba,
pembunuhan, dan tindakan kriminal lainnya serta terungkapnya kenakalan geng
motor. Masalah sosial yang terjadi dikalangan muda saat ini perlu adanya solusi
agar tidak selamanya manjadi kebiasaan bagi mereka. Salah satu cara untuk
memberikan jalan keluar terhadap masalah sosial ini adalah melalui aktifitas
pembelajaran di sekolah, karena sekolah merupakan sarana pendidikan formal
dalam membentuk perilaku anak muda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan
dan menganalisis tentang upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai sosial
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
belakang SMP Negeri 1 Kalasan. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru
PAI, siswa kelas VIII dan karyawan. Pengumpulan data observasi,
interview/wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan
dengan teknik trianggulasi, serta menganalisis dan menginterpretasi. Analisis data
dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu mengolah data dengan
melaporkan apa yang diperoleh dalam penelitian dengan cermat dan teliti, serta
memberikan interpretasi terhadap data kedalam suatu kebulatan arti yang utuh
dengan menggunakan kata-kata sehingga dapat menggambarkan objek penelitian
saat penelitian ini dilakukan atau dengan kata lain penelitian yang berusaha untuk
menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data
Dari penelitian tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam
menanamkan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman
Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai sosial yang ditanamkan oleh
guru PAI meliputi: Loves/Kasih sayang (Pengabdian, tolong menolong,
kekeluargaan, kesetiaan, kepadulian), Responsbility (nilai rasa memiliki, disiplin,
empati), Life Harmony(nilai keadilan, toleransi, kerjasama, demokrasi). (2)
Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta adalah melalui
pembelajaran di kelas dan di luar kelas. (3) Faktor pendukung dan penghambat
dari upaya guru pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta yaitu: Faktor pendukungnya adalah
dukungan guru PAI, latar belakang guru PAI, lingkungan masyarakat serta
semangat guru PAI. Faktor penghambatnya yaitu: Alokasi waktu dan jam
pelajaran PAI.