Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
INDRA RAHMATUL ‘ULA, NIM. 08690006
Subject
Pendidikan Fisika
Datestamp
2016-02-15 02:00:54
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kualitas panduan
praktikum IPA Terpadu model shared dengan pendekatan Guided Inquiry kelas
VII SMP/MTs semester Gasal, (2) mengetahui respon siswa terhadap panduan
praktikum IPA Terpadu yang dikembangkan.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif.
Menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan produk.
Prosedur pengembangan 5 langkah utama yaitu: 1) analisis kebutuhan dan produk
yang dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi produk oleh
ahli dan revisi; 4) uji coba terbatas dan revisi produk; 5) uji coba luas dan produk
akhir. Pengumpulan data kualitas produk dan respon siswa menggunakan angket
yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Panduan praktikum dinilai oleh 3 ahli
materi, 3 ahli media, dan 3 guru IPA SMP/MTs. Subjek respon siswa pada uji
coba terbatas 8 siswa dan uji coba luas 20 siswa kelas VII di Madrasah
Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Data kualitas produk dan respon siswa
dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini :(1) Kualitas Panduan Praktikum IPA yang
dikembangkan menurut ahli media dan guru IPA memiliki kualitas Sangat Baik
(SB) dengan presentase ideal masing-masing 88,98% dan 84,80%, dan menurut
ahli materi memilki kualitas Baik (B) dengan presentase 78,80%; (2) respon siswa
pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapatkan respon Setuju (S) dengan
presentase masing-masing 87,28% dan 94,71%.