Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ARIS ABDUL HADI, NIM. 09470133
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2014-03-19 04:48:02
Abstract :
Aris Abdul Hadi, Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di SMA 5
Kotagede dan SMA Kolesse De Brito (Studi Komparasi Teks Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Kristen) Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah &
Keguruan, Yogyakarta 2014.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan Islam dan
Kristen, untuk mengetahui nilai-nilai multikultural pada tingkat SMA.
Nilai-nilai multikultural itu sudah diteliti lintas agama, perbedaan,
persamaan, dan visi-misinya dapat dilihat pada pendidikan Islam-Kristen.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library
Researh). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, maka metode yang
digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik.
Hasil penelitian ini : 1) Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam
mata pelajaran PAI dan PAK memiliki nilai-nilai yang sama dalam teks
tersebut. Hal ini disebabkan karena PAI dan PAK merupakan alat untuk
memajukan pendidikan di Indonesia. PAI mengajarkan para siswanya agar
berkehidupan toleransi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
Adapun di PAK juga demikian, mengajarkan toleransi di sekolah, terhadap
pemeluk agama lain disekitarnya. 2) terkait dengan nilai-nilai multikultural,
di PAK lebih besar daripada PAI. Karena PAK menjelaskan lebih detail
ketika saling menghargai antar umat beragama yang ada di Indonesia,
dengan menggambarkan kehidupan enam agama yang saling berdekatan.
Sedangkan PAI hanya menggambarkan kehidupan bertoleransi, tanpa
menyebutkan agama-agama di sekelilingnya. 3) Nilai-nilai multikultural
dalam teks mata pelajaran PAI dan PAK adalah: demokrasi, kesetaraan,
keadilan, persatuan, perdamaian, dan kerukunan.