Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NITA PRAMUDHIYANI , NIM. 10470071
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2014-03-24 02:48:19
Abstract :
Nita Pramudhiyani. Upaya Para Ustadz dalam Penanaman Nilai
Tanggung Jawab pada Santri di TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) As-Salam
Sumberrahayu Moyudan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya para ustadz dalam
penanaman nilai tanggung jawab pada santri di TPA As-Salam, metode-metode
yang digunakan, faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai
tanggung jawab pada santri di TPA As-Salam, hasil penelitian ini diharapkan
dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode dalam penanaman
nilai tanggung jawab.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berjenis kualitatif yang
mengambil latar di TPA As-Salam pengumpulan data dilakukan dengan
pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
mengumpulkan data, mentraskip dari hasil wawancara, labelling, klasifikasi,
dianalisis dan diinterpretasikan dengan mendeskripsikan data apa adanya.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Upaya penanaman nilai tanggung pada
santri TPA As-Salam dilakukan dengan melakukan pendekatan dan memahami
watak serta kondisi tiap-tiap santri kemudian berusaha menjadi teman bagi para
santri selanjutnya melakukan pengarahan dan penanaman nilai tanggung jawab
secara perlahan dan kontinue dengan menggunakan berbagai metode; (2) Metode
yang digunakan dalam penanaman nilai tanggung jawab pada santri adalah
dengan metode ceramah, bercerita, bernyanyi, diskusi, metode teman sebaya,
keteladanan dan diteladani, pembiasaaan dan nasehat; (3) Faktor pendukungnya
adalah kepercayaan orangtua terhadap TPA As-Salam untuk mendidik anaknya
ilmu agama yang lebih luas, adanya dukungan dan motivasi dari orangtua santri
dan masyarakat sekitar, motivasi yang besar dalam diri santri dalam mengikuti
pembelajaran di TPA, kemauan dan kemampuan dari para ustadz dalam
penanaman nilai tanggung jawab pada santri serta adanya kerjasama yang baik
diantara para ustadz dalam penanaman nilai tanggung jawab tersebut. Faktor
penghambatnya antara lain suasana pembelajaran yang kurang kondusif ketika
pembelajaran berlangsung bersamaan waktu dengan kegiatan siswa SMP,
perbandingan jumlah ustadz dan santri yang belum ideal, perbedaan tingkat
kehadiran santri ke TPA, serta kurangnya waktu pembelajaran di TPA.