Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
YALISMA DEWI, NIM. 09390096
Subject
Keuangan Islam
Datestamp
2016-09-26 08:39:31
Abstract :
Gadai merupakan jasa pembiayaan yang kini banyak digunakan masyarakat
untuk memenuhi kebutuhannya. Gadai emas menjadi salah satu produk jasa yang
ditawarkan oleh perbankan syariah sebagai alternatif yang banyak diminati
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai taksiran, biayabiaya,
promosi, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa
pembiayaan gadai emas syariah. Obyek penelitian yang didapatkan oleh penyusun
ialah PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kusumanegara, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan studi dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat
deskriptif. Data primer diperoleh melalui pengumpulan data berupa kuesioner serta
hasil wawancara langsung dari narasumber terkait. Adapun responden dalam
penelitian ini yakni nasabah yang akan dan sudah menggunakan jasa pembiayaan
Gadai Emas Syariah di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kusumanegara
sebanyak 43 orang yang dipilih dengan menggunakan tehnik purposive sampling dan
dianalisis menggunakan SPSS 19 dengan alat analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor nilai
taksiran, biaya-biaya, promosi, dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil pengujian parsial menyimpulkan bahwa
faktor nilai taksiran dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan nasabah. Sedangkan faktor biaya-biaya dan promosi tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan nasabah pengguna jasa pembiayaan gadai emas
syariah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kusumanegara, Yogyakarta.
Kata Kunci: Gadai Emas Syariah, Nilai Taksiran, Biaya-biaya, Promosi, Pelayanan, Keputusan Nasabah