Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHUSNI NURROKHMAN, NIM. 09480031
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-27 03:04:14
Abstract :
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik yang
mengalami kesulitan belajar membutuhkan penanganan khusus yang tepat
sehingga peserta didik mampu memahami pelajaran tanpa mengalami kesulitan.
Masalah kesulitan belajar merupakan disiplin yang dinamik yang selalu berubah
dengan kemajuan iptek dan perubahan dalam masyarakat. Untuk kurun waktu
yang lama faktor intelektual, emosional, lingkungan atau motivasi dinyatakan
sebagai faktor kegagalan prestasi anak.Keragaman jenis kesulitan belajar yang
dialami seorang anak memang harus diklasifikasikan dengan cermat. Pada
kenyataannya, kesulitan belajar yang satu sering dibarengi oleh kesulitan belajar
yang lain sehingga mengakibatkan tumpang tindih antar kesulitan belajar.Untuk
mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik maka salah satu pihak yang
berkewajiban memberikan sarana untuk pelayanan terhadap peserta didik yang
mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran adalah pendidik.Latar
belakang pendidikan, faktor keluarga, dan juga faktor dalam diri peserta didik
serta banyak faktor lainnya yang menghambat belajar mereka, sehingga menjadi
terganggu. Di MIN Patuk Gunungkidul terdapat peserta didik yang didagnosa
mengalami kesulitian belajar, hal ini didasarkan pada tes IQ yang telah
dilaksanakan oleh MIN Patuk Gunungkidul pada hari Senin, 1 Oktober 2012.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bentuk kesulitan
belajar yang dialami peserta didik di MIN Patuk Gunungkidul, 2) Upaya guru
menjembatani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di MIN Patuk
Gunungkidul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian
ini bersifat deskriptif kualitatif.Dengan subyek penelitian peserta didik yang
mengalami kesulitan belajar di MIN Patuk Gunungkidul. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik
analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat beberapa jenis kesulitan belajar
yang dialami peserta didik di MIN Patuk Gunungkidul yaitu kesulitan membaca,
menulis, memahami makna kalimat, konsentrasi, dan semangat belajar yang
rendah. 2) Upaya yang dilakukan guru untuk menjembatani peserta didik yang
mengalami kesulitan belajar dengan pendekatan, pendampingan individual,
peringatan, pemberian motivasi, pemberian PR, dan komunikasi dengan orang tua
atau wali.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar