Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LATIFATUNNISAK, NIM. 09410227
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-04-07 00:51:55
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dunia pendidikan sering
dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah pelajar dan
lulusan pendidikan tersebut yang menunjukkan sikap kurang terpuji. Banyak
pelajar yang terlibat tawuran. Hal ini karena proses pembelajaran hanya menitik
beratkan kecerdasan intelektual saja, padahal kecerdasan emosional sangatlah
berpengaruh dalam membentuk manusia yang sempurna. Melihat hal tersebut
Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean memasukkan unsur-unsur kecerdasan
emosional dalam setiap pembelajaran dan kegiatan lain di Madrasah sebagai
upaya untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru Pendidikan
Agama Islam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean
serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari proses tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek kegiatan
pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri
Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna
itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait dengan
pengembangan kecerdasan emosional dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pengembangan kecerdasan
emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII
Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean berupa tanggung jawab, kemandirian,
empati, hubungan sosial, jujur. (2) Faktor pendukung pengembangan kecerdasan
emosional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VIII
Madrasah Tsanawiyah Negeri Godean adalah Sumber Daya Manusia (SDM)
pendidik, sarana dan prasarana yang memadai dan siswa, sedangkan faktor
penghambatnya adalah adanya perbedaan latar belakang siswa, adanya siswa yang
tidak mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas yang diberikan, dan ada juga
beberapa siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
Key Word: Kecerdasan Emosional, Pendidikan Agama Islam