DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING BNI SYARIAH KOTA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SWASTATI ESTU SARI WARAS TUTI - NIM. 04240043,
Subject
Manajemen Dakwah 
Datestamp
2017-01-11 01:50:56 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang strategi bersaing BNI Syariah Kota Yogyakarta dalam upaya untuk meningkatkan jumlah nasabah. BNI Syariah Kota Yogyakarta merupakan perbankan Islam yang belum lama beroperasi sehingga perlu strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggunakan teknik pengumpulan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data mengggunakan analisis strategi keunggulan bersaing dari Michael Porter yaitu biaya rendah, diferensiasi dan fokus. Untuk menentukan strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah maka membutuhkan analisis lebih intensif yaitu dengan membaca kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari fenomena hasil wawancara dengan para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh BNI Syariah Kota Yogyakarta untuk meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan menaikan nilai rata rata bagi hasil pada tabungan, giro dan deposito, menurunkan nilai rata rata margin pembiayaan dan meningkatkan intensitas promosi. Masih banyak kekurangan dalam penerapan strategi baik dalam pelayanan, produk, teknologi, maupun promosi. Oleh karena itu perlu pembenahan atas strategi strategi yang sudah ada dengan inovasi baru yang akan menjadi keunggulan baru bagi BNI Syariah Kota Yogyakarta.  
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga